.comments-page { background-color: #00BFFF;} #blogger-comments-page { padding: 0px 5px; display: none;} .comments-tab { float: left; padding: 5px; margin-right: 3px; cursor: pointer; background-color: #f2f2f2;} .comments-tab-icon { height: 14px; width: auto; margin-right: 3px;} .comments-tab:hover { background-color: #eeeeee;} .inactive-select-tab { background-color: #d1d1d1;} -->

Sunday, December 9, 2012

IKLIM KUTUB



CORAK KEHIDUPAN
DI IKLIM KUTUB ATAU IKLIM DINGIN
Iklim Dingin
Iklim dingin terdapat di daerah kutub. Oleh sebab itu iklim ini disebut pula sebagai iklim kutub. Iklim dingin dapat dibagi dua, yaitu iklim tundra dan iklim es.
a.       Iklim tundra
Tundra adalah suatu area dimana pertumbuhan pohon terhambat dengan rendahnya suhu lingkungan sekitar. Pada area ini, mayoritas tumbuhan yang hidup biasanya berupa lumut, rerumputan, dan pohon dari bangsa conifer.Tundra biasanya hidup di daerah dingin.
Ciri-ciri iklim tundra :
·         Musim dingin berlangsung lama
·         Musim panas yang sejuk berlangsung singkat.
·         Udaranya kering.
·         Tanahnya selalu membeku sepanjang tahun.
·         Di musim dingin tanah ditutupi es dan salju.
·         Di musim panas banyak terbentuk rawa yang luas akibat mencairnya es di permukaan tanah.
·         Vegetasinya jenis lumut-lumutan dan semak-semak.
·         Wilayahnya meliputi: Amerika utara, pulau-pulau di utara Kanada, pantai selatan Greenland, dan pantai utara Siberia
b.      Iklim kutub atau iklim es
Iklim kutub adalah iklim dingin yang terdapat di daerah kutub.
Ciri-ciri iklim kutub :
·         Suhu terus-menerus rendah sekali sehingga terdapat salju abadi.
·         Wilayahnya meliputi: kutub utara, yaitu Greenland (tanah hijau) dan Antartika di kutub selatan.
Kehidupan di Iklim Dingin
Kutub Utara cenderung lebih hangat dibanding kutub selatan, sehingga di kutub utara ada kehidupan manusia yaitu eskimo, dan kehidupan beruang. Kutub utara merupakan daratan yang ditutupi es/salju. Sedangkan kutub selatan lebih dingin dari kutub utara, sehingga di kutub selatan tidak ada kehidupan manusia, selain itu kutub selatan adalah perairan yang tertutup es/salju, kehidupan yang ada di sana hanya penguin saja.
Wilayah es Arktik di kutub utara pada dasarnya merupakan lautan beku yang dikelilingi daratan yang sering disebut lingkaran Arktik (Arctic Circle). Sebaliknya, Antartika di kutub Benua Antartika jauh lebih dingin daripada Arktik sehingga bahkan terdapat lapisan es di sana yang tidak pernah meleleh sepanjang sejarah. Temperatur rata-ratanya -49 derajat Celcius. Suhu terdingin pernah tercatat pada 21 Juli 1983 sebesar -89,6 derajat Celcius di Stasiun Vostok, dekat kutub geomagnetik selatan. Sementara Arktik memiliki temperatur rata-rata lebih tinggi sekitar -34 derajat Celcius. selatan adalah daratan benua dengan wilayah pegunungan dan danau berselimut es yang dikelilingi lautan.
Antartika memang tidak pernah dikuasai siapapun dan tidak ada penduduk asli di sana. Kontras sekali dengan wilayah lingkaran Arktik yang terdapat beberapa kota berpenduduk seperti Barrow di Alaska, Tromso, Norwegia, serta Muramansk dan Salekhaard, Russia. Di kutub utaralah orang-orang Eskimo bermukim.
Eskimo adalah istilah yang dipakai untuk menyebut orang-orang yang menghuni daerah kutub bumi. Keberadaan mereka tersebar di sebagian besar daerah Siberia (Rusia), Alaska (Amerika Serikat), Kanada, dan Greenland. Saat ini tercatat ada dua suku bangsa Eskimo yang menghuni kawasan-kawasan tersebut. Mereka adalah suku Inuit dan Yupik. Suku Inuit tinggal di wilayah utara Alaska, Kanada, dan Greenland. Sementara suku Yupik menghuni daerah sebelah barat, selatan, dan sepanjang teluk Alaska serta di daerah timur jauh Rusia. Masing-masing suku, baik Inuit dan Yupik, memiliki budaya, bahasa, serta tradisinya sendiri-sendiri. Akan tetapi, bagi para ilmuwan, bila diperhatikan secara saksama, keduanya memiliki beragam kesamaan. Kesamaan itu misalnya terletak pada ciri-ciri tubuh serta mata pencaharian dan keseniannya. Berdasarkan pada kesamaan-kesamaan tersebut, para ilmuwan menyimpulkan bahwa suku Inuit dan Yupik memiliki nenek moyang yang sama.
Bangsa Eskimo yang hidup di lingkar atas kutub utara memiliki sebuah rumah unik yang bernama Igloo, di katakan unik karena seluruh bagian rumah terbuat dari es dan bentuknya setengah bundar ( Dome ) dan berpintu masuk berupa silinder. Seperti kebutuhan rumah manusia lainnya, orang orang eskimo juga memiliki alasan membuat Igloo untuk berlindung dari udara dingin, hewan buas ( hewan buas kutub seperti beruang ).
Bangunan Igloo ini memiliki konstruksi yang kuat karena di buat dengan Es yang tak mudah meleleh dan mereka membuat Igloo waktu saat musim dingin akan datang jadi bisa dikatakan kalo rumah jenis ini merupakan rumah temporer yang hanya ada waktu musim dingin karena saat musim hangat (panas/summer) Igloo akan meleleh. Suhu di dalam rumah Iglo cukup hangat dan nyaman ditinggali dan tak terpengaruh suhu diluar yang bisa sampai -45 derajat celcius dan semua kegiatan dilakukan di dalam rumah tersebut.
Rumah yang biasa disebut igloo ini menjadi tempat mereka berlindung dari cuaca dan serangan binatang buas seperti beruang kutub. Bentuk bangunannya sangat unik, yaitu berupa setengah lingkaran, dengan pintu masuk berupa lorong berbentuk setengah silinder.
Bangunan yang seluruhnya terbuat dari es ini strukturnya sangat kuat. Balok es yang digunakan tidak mudah meleleh. Orang Eskimo membuat igloo saat musim dingin datang, jadi tidak akan mencair. Igloo ini akan tetap berdiri selama musim dingin berlangsung dan akan meleleh saat musim panas datang.
Untuk membuat igloo, dibutuhkan waktu hanya beberapa jam saja. Pertama mereka membuat lubang atau semacam galian sedalam 50 centimeter dan panjangnya 1,5 meter. Lalu, mereka memotong salju yang berbentuk blok dan menempatkannya di sekitar galian yang berbentuk lingkaran.
Blok-blok salju ini kemudian ditumpuk satu sama lain. Blok tersebut kemudian digeser-geser sehingga membentuk kubah dan ada lubang untuk celah udara. Nah, igloo pun siap ditempati.
Setelah iglo terbentuk, mereka akan memasukkan semacam lampu tempel kemudian menyalakannya. Lampu tersebut dinyalakan dengan dengan api. Jadi, selain membuat terang lampu tempel itu, juga akan menghangatkan suhu dalam igloo. Saat lampu dinyalakan kemudian pintu igloo ditutup.
Hal itu dilakukan agar balok-balok es pembuat saling mereka dengan kuat. Dengan begitu igloo tidak akan mudah rubuh. Saat lampu dinyalakan dan pintu ditutup, salju akan meleleh. Tetapi, karena bentuk igloo yang seperti kubah, lelehan salju tidak menetes dari atas. Tetesan salju tersebut akan menjadi aliran air yang akan melembabkan blok-blok salju.

Saat blok salju sudah terasa lembab kemudian lampu dikeluarkan dan pintu dibiarkan terbuka. Hal itu dilakukan agar udara dinginnya kelua rdan membuat blok es menjadi kuat. Sehingga, tidak rubuh saat diterjang beruang kutub.
Igloo terdiri dari 3 jenis yang dibedakan menurut besar ruangan dan kegunaan:
Ø  Igloo tipe kecil untuk tempat berlindung sementara (semalam atau dua malam) yang sering dibangun pemburu sewaktu berburu di padang atau lautan es.
Ø   Igloo semipermanen berukuran sedang untuk tempat tinggal keluarga. Di dalamnya hanya terdiri dari 1 ruangan yang bisa ditinggali bersama oleh 2 keluarga. Sejumlah igloo semipermanen di suatu daerah membentuk permukiman "desa orang Inuit".
Ø   Igloo berukuran besar yang dibuat untuk kesempatan khusus. Dibangun dari igloo berukuran lebih kecil yang dirombak agar menjadi lebih besar, tapi bisa juga merupakan bangunan baru. Di dalam igloo berukuran besar terdapat 5 ruangan dan dapat menampung sampai 20 orang. Igloo berukuran besar bisa juga dibangun dari beberapa igloo berukuran kecil yang dihubungkan dengan terowongan, sehingga hanya ada satu jalan masuk untuk beberapa igloo. Di dalam igloo berukuran besar bisa diadakan pesta bersama, dansa tradisional (musik Inuit dan Katajjaq).
Suku bangsa asli Kanada disebut suku Inuit atau yang lebih dikenal sebagai suku Eskimo. Mereka menetap sejajar dengan 55 derajat lintang utara bagian padang rumput yang luas di Kanada. Mereka biasanya memancing dan berburu dan sering berpindah tempat tetapi sekarang kebanyakkan mereka hihup di perkampungan dan menpuyai kerja sambilan meskipun mereka masih memancing dan berburu. Sejak tahun 1950, suku bangsa Eskimo mempuyai penghasilan dari seni rakyat mereka. Mereka mengutarakan cara hidup dan pandangan mereka akan dunia ini melalui kesenian mereka yang diturunkan dari generasi ke generasi. Dalam eksibisi ini, kami akan memperkenalkan suku Eskimo melalui kesenian mereka.


DAFTAR PUSTAKA



Artikel Terkait

Bagikan