"PORTAL GEOGRAFI, LINGKUNGAN DAN TATA KOTA" Gapai mimpimu untuk masa depan yang lebih baik

Peranan Penting Statistik Dalam Penelitian

perkembangan statistik sebagai metode ilmiah telah mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan manusia. Pada akhir abad ini manusia sadar atau tidak sadar mereka suka berfikir secara kuantitatif. keputusa-keputusan yang mereka ambil atas hasil analisis dan interpretasi data kuantitatif. dalam hak sedemikian itu, metode statistik sangat mutlak dibutuhkan sebagai peralatan analisis dan interpretasi data kuantitatif. peranan metode statistik dalam pengambilan keputusan di perusahaan-perusahaan ataupun pada penelitian sifatnya adalah sangat penting.
Pada tulisan saya kali ini saya akan memberikan gambaran tentang peranan statistik pada bidang penelitian. Disini fungsi statistik ialah memberi peralatan bagi para peneliti ilmiah yang berguna bagi perencanaan eksperimennya dan evaluasi hasil eksperimen itu sendiri.
Dalam merencanakan eksperimen, peneliti harus memperhitungkan kemungkinan adanya kesalahan dalam eksperimen. Metode statistik juga memberikan teknik pengawasan serta pengulangan kesalaha (error).
Peranan metode statistik dibidang penelitian ilmiah ternyata semakin bertambah penting dari tahun ke tahun. Banyak sekali metode statistik yang diketemukan, dikembangkan dan diperbaiki setiap tahunnya. Kemajuan-kemajuan yang di peroleh peneliti ilmiah membutuhkan eksperimen yang sifatya semakin kompleks dan khusus. Dengan begitu, metode statistik juga menjadi kompleks dan khusus sifatnya.
Selain di bidang penelitian, metode statistik atau teori statistik juga dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan dalam bidang produksi, bidang akuntansi, dan bidang pemasaran.
Pokoknya, apa saja yang dapat diukur secara kuantitatif selalu menimbulkan kebutuhan pada metode statistik guna mengevaluasi data kuantitatif tersebut. Evaluasi tersebut membutuhkan pengetahuan statistik yang cukup baik.
Share:

Wikipedia

Search results