"PORTAL GEOGRAFI, LINGKUNGAN DAN TATA KOTA" Gapai mimpimu untuk masa depan yang lebih baik

PRESIPITASI


PRESIPITASI
Presipitasi adalah pelepasan air dari atmosfer untuk mencapai permukaan bumi. hujan' Istilah mencakup semua bentuk air yang dilepas oleh atmosfer, termasuk salju, hujan salju hujan es, dan curah hujan. Presipitasi (hujan) merupakan salah satu komponen hidrologi yang paling penting. Hujan adalah peristiwa jatuhnya cairan (air) dari atmosfer ke permukaan bumi. Hujan merupakan salah satu komponen input dalam suatu proses dan menjadi faktor pengontrol yang mudah diamati dalam siklus hidrologi pada suatu kawasan (DAS). Peran hujan sangat menentukan proses yang akan terjadi dalam suatu kawasan dalam kerangka satu sistem hidrologi dan mempengaruhi proses yang terjadi didalamnya.

Kemampuan udara untuk menahan uap air adalah tergantung suhu: Jika udara lembab didinginkan maka akan menjadi jenuh dengan uap air dan akhirnya uap air akan mengembun menjadi air cair atau padat (seperti air atau tetesan es). Air tidak akan mengembun spontan namun, perlu ada beberapa saat berada dalam atmosfer, disebut inti kondensasi, yang di atasnya air atau es bentuk tetesan. Tetesan air atau es yang terbentuk pada inti kondensasi biasanya terlalu kecil untuk jatuh ke permukaan sebagai hujan, mereka perlu tumbuh dalam rangka untuk memiliki massa yang cukup untuk mengatasi kekuatan dalam awan. Jadi ada tiga kondisi yang harus dipenuhi sebelum presipitasi membentuk:
1 Pendinginan atmosfer
Pendinginan atmosfer dapat dilakukan melalui beberapa mekanisme yang berbeda terjadi secara tersendiri atau bersamaan. Bentuk yang paling umum dari pendingin dari mengangkat dari udara melalui atmosfer. Ketika udara naik terjadi penurunan tekanan; Hukum Boyle menyatakan bahwa hal ini akan mengakibatkan pendinginan suhu. Suhu dingin menyebabkan uap air kurang dipertahankan oleh udara dan kondisi menjadi kondusif untuk kondensasi. Uap yang terangkat ke atmosfer dapat disebabkan oleh pemanasan dari permukaan bumi (yang mengarah ke curah hujan konveksi), massa udara dipaksa naik lebih dari rintangan seperti pegunungan (ini menyebabkan curah hujan orografis), atau dari cuaca tekanan rendah sistem dimana udara terus-menerus dipaksa ke atas (ini menyebabkan presipitasi siklon). Mekanisme lain dimana atmosfer mendingin termasuk pertemuan massa udara panas massa udara dingin, dan udara yang hangat pertemuan benda dingin seperti laut atau darat.
2 Kondensasi
kondensasi adalah jenuhnya uap air sehingga mengembun dan menjadi partikel air. Mereka umumnya kurang dari satu mikron (1/1.000.000m) diameternya. Ada berbagai zat yang terbentuk dari kondensasi, antara lain partikel debu yang kecil, garam laut dan partikel asap.
3 Pertumbuhan
tetesan air
Tetesan air atau es terbentuk dari kondensasi biasanya terlalu kecil untuk jatuh langsung ke tanah. Perlu ukuran sekitar 3.000 mikron (3 mm) bagi partikel hasil kondensasi untuk jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan. Perbedaan tekanan uap antara tetesan dan udara di sekitarnya akan menyebabkan ia tumbuh melalui kondensasi, meskipun agak lambat. Ketika tetesan air es tekanan uap perbedaan dengan udara di sekitarnya menjadi lebih besar dan uap air menguap ke tetesan es. Ini akan membuat tetesan hujan lebih cepat dari kondensasi ke sebuah tetesan air, tetapi masih proses yang lambat.

DISTRIBUSI CURAH HUJAN
Jumlah curah hujan jatuh ke suatu lokasi bervariasi baik secara spasial dan temporal. Pengaruh yang berbeda pada curah hujan dapat dibagi menjadi pengaruh statis dan dinamis. Pengaruh statis seperti ketinggian,
aspek letak dan kemiringan. Pengaruh dinamis pada umumnya adalah perubahan dan disebabkan pada variasi cuaca. Pada skala global pengaruh pada distribusi curah hujan yang dinamis terutama disebabkan oleh pola cuaca yang berbeda, tetapi ada faktor statis seperti topografi yang juga dapat menyebabkan variasi besar.

Faktor Statis
Ketinggian
Sudah menjelaskan bahwa suhu merupakan faktor penting dalam mengendalikan jumlah uap air yang
terdapat dalam udara. Penurunan suhu karena ketinggian memainkan peranan penting dalam melepaskan uap air dari atmosfer yang menyebabkan curah hujan tinggi.
Aspek Letak
Pengaruh letak kurang penting dari ketinggian tetapi masih mungkin memainkan peranan penting dalam distribusi curah hujan. Contoh di daerah lintang pertengahan (35 ° sampai 65 ° utara atau selatan khatulistiwa) sumber utama curah hujan adalah melalui sistem cuaca siklon datang dari barat. Lereng dalam tangkapan yang ke arah timur wajah secara alami akan lebih terlindung dari hujan daripada menghadap ke barat.
Lereng
Pengaruh kemiringan hanya relevan pada skala yang sangat kecil. Sayangnya pengukuran curah hujan terjadi pada skala yang sangat kecil (yaitu pengukur hujan). Perbedaan antara tingkat curah hujan di lereng bukit, dibandingkan dengan
dataran mungkin akan signifikan. Hal ini dimungkinkan untuk menghitung perbedaan ini jika diasumsikan bahwa hujan jatuh vertikal - tetapi tentu saja hujan tidak selalu jatuh vertikal. Akibatnya pengaruh kemiringan pada pengukuran curah hujan biasanya diabaikan.

Faktor Dinamis
Gerak semu tahunan matahari
Bumi selalu berevolusi mengelilingi matahari dengan sumbu kemiringan 23,5o, hal ini menghasilkan gerak semu tahunan matahari yang berdampak pada tingkat insolasi yang diterima oleh permukaan bumi. Setiap tahun permukaan bumi bergantian mendapatkan pemanasan dari bumi belahan utara ke selatan dan seterusnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa suhu memiliki peranan yang sangat penting dalam proses evaporasi sehingga terbentuk uap air sebagai calon presipitasi.

PENGUKURAN
Dalam analisis hidrologi bertujuan untuk mengetahui seberapa besar curah hujan telah jatuh dan ketika terjadi. Curah hujan biasa adalah sebagai ekspresi kedalaman vertikal air cair yang jatuh dari atmosfer. Curah hujan diukur dengan milimeter atau inci, bukan oleh volume seperti liter atau meter kubik.  Instrumen untuk mengukur curah hujan disebut Rain Gauge/pengukur hujan. Sebuah pengukur hujan mengukur volume air yang jatuh ke permukaan horisontal . Volume dikonversi menjadi kedalaman curah hujan.

Kepadatan minimum jaringan stasiun pengukur hujan berikut ini telah direkomendasi guna maksud-maksud hidro meteorologis umum (Linsley, et-al, 1982) :
  1. Untuk daerah datar, beriklim sedang, mediteranean dan zona tropis 600 - 900 km2 untuk setiap stasiun
  2. Untuk daerah-daerah pegunungan beriklim sedang, mediteranean dan zone tropis, 100 - 250 km2 untuk setip stasiun.
  3. Untuk pulau-pulau dengan pegunungan kecil dengan hujan yang beraturan, 25 km2 untuk setiap stasiun.
Untuk zone-zone kering dan kutub, 1500-10.000 km2 untuk setiap stasiun.

Penghitungan Hujan Rata-Rata Suatu Daerah
Hasil pengukuran data hujan dari masing-masing alat pengukuran hujan adalah merupakan data hujan suatu titik (point rainfall). Padahal untuk kepentingan analisis yang diperlukan adalah data hujan suatu wilayah (areal rainfall). Ada beberapa cara untuk mendapatkan data hujan wilayah yaitu :
  1. Cara rata-rata aljabar
  2. Cara poligon thiessen
  3. Cara isohiet

1. Cara Rata-rata Aljabar
Cara ini merupakan cara yang paling sederhana yaitu hanya dengan membagi rata pengukuran pada semua stasiun hujan dengan jumlah stasiun dalam wilayah tersebut. Sesuai dengan kesederhanaannya maka cara ini hanya disarankan digunakan untuk wilayah yang relatif mendatar dan memiliki sifat hujan yang relatif homogen dan tidak terlalu kasar.
rata2aljabar.jpg

2.Cara Poligon Thiessen
Cara ini selain memperhatikan tebal hujan dan jumlah stasiun, juga memperkirakan luas wilayah yang diwakili oleh masing-masing stasiun untuk digunakan sebagai salah satu faktor dalam menghitung hujan rata-rata daerah yang bersangkutan. Poligon dibuat dengan cara menghubungkan garis-garis berat diagonal terpendek dari para stasiun hujan yang ada.

3. Cara Isohiet
Isohiet adalah garis yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai tinggi hujan yang sama. Metode ini menggunakan isohiet sebagai garis-garis yang membagi daerah aliran sungai menjadi daerah-daerah yang diwakili oleh stasiun-stasiun yang bersangkutan, yang luasnya dipakai sebagai faktor koreksi dalam perhitungan hujan rata-rata.
caraisohiet.jpg

Share:

Wikipedia

Search results