"PORTAL GEOGRAFI, LINGKUNGAN DAN TATA KOTA" Gapai mimpimu untuk masa depan yang lebih baik

SILABUS SMA SMSTER 1


Silabus Geografi SMA kelas X
SILABUS

Nama Sekolah               :  SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran              :  Geografi
Kelas / Jurusan             :  X
Semester                      :  1 ( satu )
Alokasi Waktu               :  8 x 45menit
Standar Kompetensi      :  1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan / Alat


1.11.1 Menjelaskan konsep geografi


·      Konsep geografi


·    Mengungkapkan kembali konsep dasar geografi dari berbagai bahan-bahan referensi secara mandiri.

·    Secara kelompok. Menyimpulkan konsep-konsep geografi

·    Presentesi hasil diskusi





·      Menguraikan konsep geografi dari berbagai referensi.

·      Menyimpulkan konsep geografi dalam kajian geosfer


Jenis tagihan :

Tugas individu
Tugas kelompok
Test tertulis


Bentuk tagihan :

Laporan
Uraian berstruktur


2 x 45


Sumber  :

Buku Geografi kelas X yang relevan


1.2Menjelaskan pendekatan geografi














·        Metode / pendekatan geografi
    1).Metode/pendekatan ke ruangan             (spatial approach).
       2).  Pendekatan kewilayahan
      -  Pendekatan topic
      -  Pendekatan aktifitas manusia
      -  Pendekatan regional

      3).  Pendekatan ekologi
            (ecological  approach)



·    Menggali informasi tentang metode/pendekatan geografi dari bahan-bahan referensi

·    Secara kelompok membuat laporan tentang masalah geosfer (misalnya : sampah di kota Pekanbaru) dari ketiga pendekatan geografi.

·    Presentasi hasil diskusi







·      Menjelaskan perbedaan metode/pendekatan geografi.

·      Menerapkan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer


Jenis tagihan :

Tugas individu
Tugas kelompok
Test tertulis


Bentuk tagihan :

Laporan
Uraian berstruktur


2 x 45



Sumber  :

Buku Geografi kelas X yang relevan

Sumber / alat :

Gambar/chart



1.3. Menjelaskan  prinsip geografi


·        Prinsip-prinsip Geografi

-  Prinsip penyebaran
-  Prinsip interelasi
-  Prinsip deskripsi
-  Prinsip korologi  (keruangan)


·          Secara individu mengungkapkan kembali prinsip-prinsip geografi dari berbagai referensi


·          Secara kelompok, mengamati gambar fenomena geosfer


·          Secara kelompok, menganalisis tentang tanah longsor di daerah sekitarnya dikaji dari keempat prinsip geografi


·          Presentasi hasil diskusi



·          Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi

·          Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi

·          Menerapkan prinsip-geografi dalam kajian geosfer


Jenis tagihan :

Tugas kelompok
Tugas tertulis

Bentuk tagihan :

Laporan
Uraian berstruktur


2 x 45


Sumber :

1…Nursid Sumaatmadjo (1998) Studi Geografi Bandung, Alumni
2.  K. Wardiyatmoko (2004), geografi untuk SMA kelas X, Jakarta Erlangga

Sumber / alat

Gambar/chart geoster



1.4. Mendeskripsikan aspek geologi


·      Aspek geografi



-   Aspek fisik (alamiah):
Gejala-grjala alam yang timbul








-  Aspek social (kehidupan) dengan segala interaksi, penyebaran maupun relasinya.


·          Mengungkapkan kembali aspek geografi dari kajian berbagai referensi



·          Secara kelompok mengkorelasikan gambar tentang aspek fisik dan sosial geografi





·          Secara individu membuat laporan pengamatan tentang aspek fisik dan social dilingkungan daerah sekitar



·          Mendeskripsikan aspek-aspek geografi


·          Menjelaskan perbedaan aspek fisik dan aspek sosial geografi





·          Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari.




Jenis tagihan :


Tugas individu
Tugas kelompok
Test tertulis









Bentuk tagihan :

Uraian berstruktur


2 x 45

Sumber  :

Buku Geografi kelas X yang relevan



Sumber / alat
Gambar/chart geoster

















SILABUS

Nama Sekolah               :  SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran              :  Geografi
Kelas / Jurusan             :  X
Semester                      :  1 ( satu )
Alokasi Waktu               :  22 x 45 menit
Standar Kompetensi      :  2. Memahami sejarah pembentukan bumi

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan / Alat


2.1.  Mendeskripsikan tata surya dan jagad raya


·    Tata Surya dan Jagad Raya



1)     Hipotesis tentang terjadinya tata surya


2)     Teori tentang terjadinya jagad raya.


3)     Anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam semesta


4)     Galaksi dalam jagad raya


5)     Anggota tata surya




·          Secara individumengamati benda-benda langit pada malam hari di cakrawala


·          Secara kelompok diskusi tentang teori-teori terjadinya tata surya dan jagad raya


·          Secara kelompok, diskusi tentang anggapan-anggapan jagad raya dan alam semesta


·          Secara individu mendiskripsikan keberadaan galaksi dalam jagad raya


·          Secara individu mengidentifikasi anggota-anggota tata surya dari berbagai referensi.


·          Membuat laporan pengamatan benda-benda langit


·          Menganalisis teori terjadinya tata surya dan jagad raya


·          Menjelaskan perbedaan anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam semesta


·          Mengidentifikasi galaksi dalam jagad raya


·          Mendiskripsikan anggota-anggota tata surya



Jenis tagihan :


Tugas individu
Test tertulis












Bentuk tagihan :

Laporan
Uraian berstruktur


16 x 45


Sumber  :

Buku Geografi kelas X yang relevan







Bahan / Alat :

CD Pembelajaran


2.2.  Menjelaskan sejarah pembentukan bumi


·          Proses terjadinya bumi




·          Karakteristik perlapisan bumi

·          Teori lempeng tektonik


·          Mengungkapkan kembali tentang proses terjadinya bumi dari beberapa referensi yang dikaji


·          Secara individu, mengkaji referensi tentang karakteristik perlapisan bumi


·          Secara kelompok, diskusi tentang lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api serta gempa bumi



·          Mendeskripsikan tentang proses terjadinya bumi



·          Mengidentifikasi karakteristik perlapisan bumi


·          Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung berapi dan gempa bumi



Jenis tagihan :


Tugas individu
Tugas kelompok
Test tertulis





Bentuk tagihan  :

Pilihan ganda
Uraian berstruktur


6 x 45


Sumber  :

Buku Geografi kelas X yang relevan


Bahan / Alat :

Peta Geologi, gambar struktur lapisan bumi






















SILABUS

Nama Sekolah               :  SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran              :  Geografi
Kelas / Jurusan             :  X
Semester                      :  2 ( dua )
Alokasi Waktu               :  40 x 45 menit
Standar Kompetensi      :  3. Menganalisis unsur-unsur Geosfer

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber /
Bahan / Alat


3.1. Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan litosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi


·      Lithosfer

1. Struktur lapisan kulit bumi



2. Tenaga endogen

1.1.  Tektopnisme
2.1.  Vulkamisme
3.1.  Seisme




















3. Tenaga Eksogen

3.1. Pelapukan
3.2. Pengikisan
3.3. Pengendapan























·          Pedosfer


1).   Proses pembentukan tanah


2).   Jenis dan cirritanah di Indonesia







3).   Erosi tanah


4).   Penyebab


5).   Mengurangi dan mencegah kerusakan tanah


·          Mengamati gambar/model jenis batuan pembentuk lapisan bumi



·          Secara individu mengamati patahan/slenk Semangko dari berbagai media pembelajaran



·          Secara individu mengamati gambar struktur instrusi magma



·          Secara kelompok, diskusi tentang erupsi, tipe letusan, bahan yang dikeluarkan Gunung Merapi di kawasan Yogyakarta dari berbagai media massa (internet)








·          Secara kelompok, mengamati gambar/film rupa bumi sebagai akibat proses pelapukan, pengikisan dan pengendapan
























·          Membaca refensi tentang proses pembentukan tanah di Indonesia




·          Secara kelompok mengidentifikasi jenis tanah pada peta (persebaran jenis tanah) Indonesia





·          Secara kelompok mengklasifikasikan jenis tanah menurut kesuburannya dari berbagai referensi



·          Secara kelompok mengamati proses terjadinya erosi di DAS (contoh di Jawa tengah : Bengawan Solo)


·          Secara kelompok, diskusi tentang penyebab terjadinya erosi di DAS (contoh di Riau : Sungai Siak)


·          Secara kelompok, diskusi tentang penanggulangan terjadinya erosi di DAS (contoh di Riau : Sungai Siak))


·      Mengidentifikasi jenis-jenis batuan pembentuk lapisan kulit bumi



·      Membuat laporan tentang slenk Semangko



·      Menunjukkan bentuk-bentuk instrusi magma



·      Mendeskripsikan tentang erupsi, tipe letusan dan bahan yang dikeluarkan gunung Merapi


·      Memaparkan tentang proses terjadinya gempa bumi (tsunami)




·      Mendeskripsikan pengaruh tenaga eksogen terhadap bentuk rupa bumi


·      Membedakan jenis-jenis pelapukan


·      Mengidentifikasi jenis-jenis pelapukan


·      Mengidentifikasi jenis-jenis pengikisan berdasarkan pelaku utama yang berbeda


·      Mengklasifikasi jenis-jenis pengendapan berdasarkan tenaga pengangkutan




·      Menjelaskan proses pembentukan tanah di Indonesia


·      Mengidentifikasi factor-faktorterjadinyaerosi cara-cara penanggulangannyaerosi



·      Menunjukkan jenis dan persebaran tanah pada peta Indonesia

·      Mengklasifikasikan jenis tanah berdasarkan kesuburannya

·      Menganalisis proses terjadinya erosi di lingkunagn sekitar


·      Menganalisis penyebab terjadinya erosi tanah dan kerusakan tanah yang lain serta dampaknya terhadap lingkungan


·      Mengidentifikasi usaha untuk mengurangi terjadinya erosi



Jenis tagihan :

Tugas individu
Tugas kelompok
Unjuk kerja Ulangan




Bentuk tagihan :

Laporan
Uraian berstruktur
















Jenis tagihan :

Tugas individu
Tugas kelompok
Unjuk kerja Ulangan





Bentuk tagihan :

Laporan
Uraian berstruktur












Jenis tagihan :

Tugas individu
Tugas kelompok
Unjuk kerja Ulangan



Bentuk tagihan :

Laporan
Uraian berstruktur



Jenis tagihan :

Tugas individu
Tugas kelompok
Unjuk kerja Ulangan








Bentuk tagihan :
Laporan
Uraian berstruktur


10 x 45




























































10x45


Sumber  :

Buku Geografi kelas X yang relevan



3.2. Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi














·        Atmosfer

      1). Ciri-ciri lapisan  atmosfer






 2).    Unsur - unsur cuaca

           





















5).  Pemanasan Global (El Nino dan La Nina)


·          Mengidentifikasi atmosfer dan pemanfaatannya melalui gambar struktur lapisan atmosfer






·          Mengamati dinamika unsur-unsur cuaca dari iklim (penyinaran, suhu, angina, awan, kelembaban, serta curah hujan) di sekitar sekolah.


·          Mengamati perbedaan negara-negara beriklim tropis, sub tropis dan dingin


·          Secara Individu menghitung nilai rasio Q dari data curah hujan yang tersaji dalam LKS


·          Secara individu menentukan tipe iklim Koppen dari data curah hujan ynag tersaji di dalam LKS



·          Mengidentifikasi factor-faktorterjadinyapemanasan global (El Nino dan La Nina)






·      Mengungkapkembalicirri-cirilapisanatmosfer dan pemanfaatannya.





·      Menganalisadinamikaunsur-unsur cuaca dan iklim (penyinaran, suhu, angin, awan, kelembaban, curah, peta dunia, persebaran negara-negara dan jenisiklimnya.


·      Menentukan jenis iklim berdasarkan tipe iklim Schimdt-Ferguson











·      Secara kelompokmengidentifikasi factor-faktorterjadinyapemanasan global (El-Nino dan La Nina



·      Secara individumembuatklipingtentangperubahaniklim global lengkapdenganrangkuman, tanggapansertasumberkliping.




Jenis tagihan :

Tugas individu
Tugas kelompok
Test tertulis




Bentuk tagihan :

Laporan
Uraian berstruktur


10 x 45
































Sumber  :

Buku Geografi kelas X yang relevan



3.3. Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi


·            Hidrosfer


1).  Siklus Hodrologi






2).  Perairan Darat

-       Air Tanah
- Sungai dan daerah Aliran Sungai (DAS)
-  Danau
-  Rawa

































           3).  Perairan Laut


-  Zona Pesisir dan Laut
-  Klasifikasi Laut
-  Morfologi Laut
-  Gerakan air laut
-  Kualitas air


·          Secara individu mengidentifikasi unsure utama siklus hidrologi dari berbagai referensi

·          Menggambar bagan siklus hidrologi hidrologi



·          Membacareferensitentangberbagaijenisperairandarat


·          Secara kelompok, diskusi menentukan jenis air tanah berdasarkan letaknya dari struktur lapisan tanah


·          Mengamati cirri-ciri sungai menurut profil memanjang di DAS lingkungan sekitar


·          Mengamati gambar pola aliran sungai Musi


·          Secara individu merumuskan pengertian DAS


·          Secara individu merumuskan penyebab rusaknya DAS


·          Diskusi tentang upaya pelestarian DAS





·          Mendiskusikan proses terjadinya danau Sentani





·          Mengungkap kembali tentang pantai, pasir, pesisir, gisikbeach dari berbagai referensi


·          Secara kelompok, diskusi tentang proses terjadinya dangkalan Sunda dan Sahul

spek fisik (alamiah)
·          Melalui peragaan peta menunjukkan laut berdasarkan letak, kedalaman dan wilayah kekuasaan suatu negara


·          Melalui bagan morfologi laut, menganalisa ,morfologi laut


·          Secara kelompok, mendiskusikan factor-faktor penyebab terjadinya gelombang


·          Secara individu membuat peta arus laut dunia

·          Secara individu menggambarkan kedudukan bulan, bumi dan matahari yang dapat menyebabkan pasang naik dan pasang surut


·          Secara kelompok, mengidentifikasi factor penyebab perbedaan kadar garam (salinitas) air laut


·          Secara kelompok diskusi tentang factor yang menyebabkan perbedaan air laut, danau Sentani di Papua



·      Mengidentifikasi unsur-unsur utama siklus hidrologi







·      Mengidentifikasi berbagai jenis perairan darat



·      Menentukan jenis air tanah berdasarkan letaknya dan mengidentifikasi cirri-ciri sungai menurur profil memanjang

·      Mendeskripsikan DAS


·      Menganalisis factor penyebab kerusakan DAS


·      Merumuskan upaya-upaya pelestarian DAS


·      Mendeskripsikan proses terjadinya danau Sentani di Papua





·      Mendiskripsikan manfaat rawa bagi kehidupan




·      Menjelaskan perbedaan pantai dengan pesisir


·      Menjelaskan proses terjadinya dangkalan Sunda dan Sahul


·      Mengklasifikasikan jenis-jenis laut berdasarkan letak, kedalaman, dan wilayah kekuasaan


·      Menunjukkan bentuk-bentuk morfologi laut


·      Menunjukkan factor-faktor peyebab terjadinya gelombang


·      Menunjukkan pada peta dunia letak arus-arus laut dunia


·      Menjelaskan perbedaan pasang naik dan pasang surut


·      Mengidentifikasi factor-faktor penyebab perbedaan kadar garam (salinitas) air laut

·      Mengidentifikasi factor-faktor yang menyebabkan perbedaan warna air laut




Jenis tagihan :

Tugas individu
Tugas kelompok
Test tertulis





Bentuk tagihan :

Laporan
Uraian berstruktur


































Jenis tagihan :

Tugas individu
Tugas kelompok
Test tertulis





Bentuk tagihan :
Laporan
Uraian berstruktur


10 x 45





















































Sumber  :

Buku Geografi kelas X yang relevan





Bahan / Alat :

Chart (gambar-gambar)
Kliping-kliping film
CD pembelajaran interaktif




Share:

Wikipedia

Search results