"PORTAL GEOGRAFI, LINGKUNGAN DAN TATA KOTA" Gapai mimpimu untuk masa depan yang lebih baik

UAS BK


UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI GEOGRAFI
JULI 2012


1.      Masalah-masalah yang ditemui adalah:
a.       Persaingan dalam pandangan budaya daan adat istiadat
b.      Ketidakcocokan dalam berbicara
c.       Sama-sama egois terutama dalam bekerja sama
d.      Tidak dapat menghargai orang lain
e.       kurang peduli terhadap sesama
f.       Kurang mampu menerima pelajaran dengan baik
2.      Layanan atau bimbingan yang diberikan seperti:
a.       Bimbingan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME
b.      Layanan dasar (penerimaan keterampilan)
c.       Bimbingan sosial (pengembangan sikap dan prilaku sosial yang bertanggung jawab)
d.      Bimbingan akademik
3.      Alasan-alasan pemilihan bimbingan atau layanan:
a.      Persaingan dalam pandangan budaya daan adat istiadat
Diberikan layanan dasar karena siswa masih belum bisa berprilaku baik dan belum bisa beradaptasi dengan teman yang memiliki kebudayaan berbeda. Dengan adanya layanan dasar yang diberikan kepada siswa dapat menanamkan etika dan nilai-nilai budaya yang baik dan bisa saling menghargai.
b.      Ketidakcocokan dalam berbicara
Diberikan layanan  responsif → mencakup bagian dari bimbingan sosial, dimana konselor akan memberi pengarahan kepada siswa dalam menyelesaikan ketidakcocokan itu agar siswa sehingga dengan adanya pengarahan itu, siswa dapat lebih nyaman berinterkasi dan berkomnikasi dengan temannya tanpa adanya ketidakcocokan tadi.
c.       Sama-sama egois terutama dalam bekerja sama
Layanan atau bimbingan yang diberikan berupa bimbingan sosial → layanan responsif, dalam layanan responsif yang merupakan bertujuan untuk mengatasi masalah kesulitan dalam hubungan sosial , kesulitan, menyesuaikan  dengan lingkungan keluarga, tetangga, teman, sekolah dan masyarakat. Dalam hal ini konselor membantu siswa bagaiaman cara bekerja sama yang baik dan kondusif, tidak adanya kecemburuan yang mungkin timbul dalam suatu forum kerjasama.
d.      Tidak dapat menghargai orang lain
Masalah yang timbul seperti di atas, guru atau konselor dapat memberikan layanan dasar seperti penanaman terhadap siswa tentang nilai-nilai dan etika hidup bermasyarakat. Siswa dibimbing dan diarahkan bagaimana manusia itu hidup bermasyarakat, komunikasi dan saling menghargai itu perlu dan memiliki peranan penting dalam terwujudnya kehidupan yang adil dan sejahtera.
e.       kurang peduli terhadap sesama
ketidakpedulian ini perlu dibuang jauh-jauh dari pribadi siswa yang dapat menimbulkan keterasingan dalam hidup bermasyarakat. Untuk itu guru atau konselor dapat memberikan bimbingan atau layanan dasar, untuk menanamkan nilai-nilai dan etika hidup bermasyarakat yang baik dan terwujudnya kehidupan yang saling peduli terhadap sesama.
f.        Kurang mampu menerima pelajaran dengan baik
Layanan yang dapat diberikan dalam menjumpai masalah diatas adalah layanan akademik yang dapat membantu siswa dalam belajar. Karena kesulitan yang mungkin ditemui oleh siswa muncul karena salah satu alasan, misalnya malas, guru atau konselor dapat mengarahkan siswa untuk tidak malas dan bagaimana cara untuk menghindari dari sikap malas tersebut.
4.      Jika saya seorang guru atau konselor maka bimbingan dan layanan yang akan saya berikan yaitu bimbingan akademik , bimbingan sosial, layanan dasar, layanan responsif. Sehingga masalah-masalah yanng muncul seperti diatas dapat diselesaikan dengan baik dan guru juga bisa melaksanakan konferensi kasus yang sekiranya dapat membantu terselesaikannnya masalah tersebut.
Share:

Wikipedia

Search results