"PORTAL GEOGRAFI, LINGKUNGAN DAN TATA KOTA" Gapai mimpimu untuk masa depan yang lebih baik

PENATAAN SUMBERDAYA AIR DAN TATA RUANG

Judul Buku
Tata Ruang W
ilayah Sungai - Direktorat Jenderal Penataan


Sebagaimana telah kita ketahui, di Indonesia dan juga di negara-negara yang sedang berkembang masalah tanah dan tata ruang menjadi sangat penting, oleh karena tanah pada hakekatnya adalah lokasi di mana penduduk dapat melakukan kegiatan sosial ekonomi. Sementara itu tata ruang pada hakekatnya adalah wujud struktural dan pola pemanfaatan ruang untuk kegiatan tersebut, yang
baik secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi pemanfaatan sumberdaya alam termasuk sumberdaya air pada lokasi atau ruang geografis yang disebut wilayah sungai.

Sungai merupakan salah satu sumberdaya air yang berperan penting bagi kehidupan. Oleh sebab itu, peradaban manusia selalu dimulai dari daerah yang berdekatan dengan air, bahkan di tepi sungai (berorientasi ke sungai). Di samping itu, wilayah sungai adalah tempat bertumpu hampir semua kegiatan ekonomi, seperti pertanian, industri, perdagangan, jasa, transportasi serta kawasan perkotaan dan permukiman. Dalam pemanfaatan wilayah sungai, kegiatan tersebut dapat saling mengisi (komplementer), bersaing dalam penggunaan lahan dan air, serta mempunyai pengaruh timbal balik terhadap ketersediaan air Jumlah maupun mutu).
DOWNLOAD E-Book
Share:

Wikipedia

Search results