"PORTAL GEOGRAFI, LINGKUNGAN DAN TATA KOTA" Gapai mimpimu untuk masa depan yang lebih baik

DOWNLOAD APLIKASI ERP dari SAP



Anda pasti udah kenal dengan aplikasi ERP (Entreprice Resource Planning), apalagi khusus untuk anda para professional dan kalangan eksekutif di bidang industri dan manajement. Dan Anda pasti sudah kenal semacam software-software ERP seperti : SAP dari Jerman, Oracle ERP dari Oracle atau software – software lain yang dibuat sendiri oleh perusahaan.


Tapi sudahkan anda tahu bahwa implementasi dan pembangunan dari software tersebut sangat mahal dan membutuhkan budget time yang banyak. Tetapi dari kalangan open sourcer telah menyediakan sebuah tools yang bisa di download dengan gratis alias free, tetapi mungkin kurang familiar dan kurang promosi, sehingga product ERP ini kurang dikenal.

Tetapi lumayan juga untuk penerapan di kantor anda, tetapi dengan sedikit catatan, masih banyak bugs dan perlu customisasi di beberapa tempat.Ya lumayan, hitung – hitung gratis.

Oh iya lupa, link untuk downloadnya ada disini :

1. Tiny ERP, DI SINI
merupakan ERP yang simple dan mudah dipelajari, menggunakan database postgreSQL. dapat berjalan di platform Linux maupun Window$. modul modulnya cukup standard (seperti ERP kebanyakan/tempo dulu) sehingga untuk yang sudah biasa menggunakan aplikasi ERP lain akan dapat dengan mudah beradaptasi. Instalasinya pun sangat mudah, apabila anda
mempunyai PC yang sudah terinstall RedHat/ Fedora Core4 (atau clone Redhat yang lain) dan tersambung ke internet, maka tinggal ketik:
# yum install tinyerp maka TinyERP akan segera terinstall. kelemahan tinyerp adalah mungkin komunitasnya yang masih kecil sehingga, kalau ada masalah agak kelabakan cari support (tentu saja kalau membeli support dari tinyERP langsung akan lain ceritanya).

2. Web ERP, DISINI

Ini merupakan aplikasi opensource yang lumayan, dia berbasis web PHP menggunakan database mySQL. Pertama2 makai dia sangat sederhana. Sepertinya user interface yang agak membingungkan. Banyak fitur2nya, tetapi masih banyak bugs yang di temukan di beberapa tempat. Repot juga kalu diimplementasikan di kantor, perlu beberapa customisasi di beberapa menu tampilan. Proses install mudah, tinggal download, ekstrak ke htdocs web server dan running sql filenya, udah bisa jalan.

3. Compiere, ERP dan CRM,  KLIK DI SINI

merupakan Opensource ERP yang pertama dan paling besar komunitasnya, menggunakan databse Oracle dan Sybase, dapat berjalan di platform Linux/Unix, maupun window$. Compiere menerapkan konsep baru ERP sehingga sedikit perlu waktu untuk adaptasi, terutama bagi yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi ERP standard. Compiere bisa diakses
secara remote maupun Web (masih versi beta). Meskipun cukup rumit pada awalnya, namun karena komunitasnya cukup besar (di indonesia bisa joint di milis indocompiere@ yahoogroups. com), sehingga dukungan support dari komunitas cukup kuat. Secara umum fituranya cukup lengkap, hanya saja untuk CRM dan Manufacturing masih sangat terbatas.

4. Adempiere, Klik  di sini

merupakan turunan dari Compiere yang dikembangkan oleh komunitas, hal ini muncul karena Compiere dipandang kurang mengakomodir keingininan komunitas. Menggunakan databse postgreSQL maupun Oracle. Karena baru saja “berpisah” dengan Compiere, maka fiturnya masih sangat mirip dengan Compiere.

5. Openbravo, di sini

merupakan turunan dari COmpiere juga, akan tetapi Full Web Base, sehingga sangat cocok untuk perusahaan yang mempunyai banyak cabang yang berlainan kota / negara, karena mereka semua dapat mengakses system secara web base. Menggunakan databse PostgreSQL atau Oracle. dapat berjalan di platform Linux maupun window$. Satu kekurangan yang saya catat adalah, Openbravo meniadakan modul CRM, dan ini sangat saya sayangkan, karena meskipun CRM di Compiere cukup sederhana, namun fitur ini sangat bermanfaat.

Untuk catatan dan testimonial penggunaan ini dibutuhkan kontribusi dari teman-teman nich. Selamat mencoba barang mahal tapi gratis.
Share:

Wikipedia

Search results