"PORTAL GEOGRAFI, LINGKUNGAN DAN TATA KOTA" Gapai mimpimu untuk masa depan yang lebih baik

Makalah Hubungan Bilateral Indonesia dengan Negara-Negara Benua Asia



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
Benua Asia merupakan benua terbesar dan berpopulasi terpadat di dunia dengan wilayah yang mencakup 8,6% permukaan bumi yang meliputi 50 negara yang tersebar dari daratan luas Asia Kecil, Timur Tengah, hingga Samudera Pasifik. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Dengan kondisi yang seperti ini,dengan luasdan jumlah penduduk yang sekian banyaknya  tentunya masing-masing negara tidak mampu mencukupi kebutuhan negaranya sendiri, untuk mencukupinya perlulah mengadakan hubungan atau kerjasama antar negara satu dengan yang lain. Selain faktor tersebut hubungan ini juga dapat menjalin hubungan antar negara-negara di Benua Asia menjadi semakin baik.
Semenjak dahulu kala manusia telah mengenal kerjasama antar bangsa baik itu dibidang perdaganggan, militer, sosial budaya dan banyak lagi. Kerjasama perdagangan pada zaman dahulu  tidak serumit saat ini yang pada saat itu perdagangan dan kerjasama antar bangsa tidak dilandasi undang undang serta kebijakan diplomatik yang berbeda setiap negara, berdasarkan hal itu tentu dari zaman dulu hingga saat ini inti kerjasama antar bangsa mempunyai tujuan yang sama yaitu saling membutuhkan dan ketergantungan. Di dalam diktat ekonomi internasional UNIAT yang ditulis oleh ( Hilderiah, 2010:4 ) disebutkan juga kerjasama antar negara dilandasi oleh “ketergantungan antar negara-negara di dunia baik dari segi perdaganggan internasional maupun pasar kredit internasional”.
Hubungan antar negara tersebut biasa disebut dengan hubungan multilateral dan  hubungan bilateral. Hubungan multilateral adalah hubungan antar negara yang anggotanya lebih dari dua negara. Sedangkan hubungan bilateral merupakan hubungan yang melibatkan dua negara, kelompok, atau individu secara timbal balik. Misalnya, hubungan ekonomi atau perjanjian dagang antara dua negara. Perjanjian yang dilakukan secara bilateral mempunyai konsekuensi mengikat kedua belah pihak atau dua negara yang menandatangani perjanjian tersebut.
Hubungan bilateral antar negara-negara di Benua Asia ini sangatlah beragam. Dapat dicontohkan hubungan bilateral antara Indonesia dengan negara jepang tidak sama bidangnya antara hubungan Negara Indonesia dengan Negara Cina. Negara Indonesia saat ini menjalin hubungan bilateral dengan negara-negara yang ada dikawasan Asia seperti hubingan bilateral dengan negara-negara Jepang, China, Korea Selatan, India, dan Saudi Arabia. Untuk mengetahui seberapa dalamnya hubungan antara Indonesia dengan negara-negara yang ada dibenua Asia maka perlulah kami bahas dalam makalah ini.
1.2  Rumusan Masalah
Permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah :
1.2.1        Bagaimana hubungan bilateral antara negara Indonesia dengan negara Cina di berbagai bidang ?
1.2.2        Bagaimana hubungan bilateral antara negara Indonesia dengan negara Jepang di berbagai bidang ?
1.2.3        Bagaimana hubungan bilateral antara negara Indonesia dengan negara Korea Selatan  di berbagai bidang ?
1.2.4        Bagaimana hubungan bilateral antara negara Indonesia dengan negara Arab Saudi di berbagai bidang?
1.2.5        Bagaimana hubungan bilateral antara negara Indonesia dengan negara India di berbagai bidang?

1.3  Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini yaitu :
1.3.1        Mengetahui hubugan bilateral negara Indonesia dengan negara Cina diberbagai bidang.
1.3.2        Mampu mendeskripsikan hubungan bilateral diberbagai bidang antara negara Indonesia dengan Jepang.
1.3.3        Mengetahui hubungan bilateral antara negara Indonesia dengan negara Arab Saudi di berbagai bidang.
1.3.4        Untuk mengetahui hubungan bilateral antara negara Indonesia dengan negara Korea Selatan.
1.3.5        Mengetahui hubungan bilateral Indonesia dengan Negara India.

1.4  Manfaat
      Manfaat dari penulisan makalah ini yaitu dapat mengetahui hubungan bilateral antara Indonesia dengan negara-negara di Benua Asia, diantaranya adalah negara Cina, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi dan India hubungan bilateral diberbagai bidang seperti bidang ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, pertahanan.


UNTUK MAKALAH SELENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOA DI BAWAH INI
Share:

No comments:

Post a Comment

Wikipedia

Search results