"PORTAL GEOGRAFI, LINGKUNGAN DAN TATA KOTA" Gapai mimpimu untuk masa depan yang lebih baik

Makalah Hubungan Bilaterlal Indonesia Dengan Jerman, Inggris, Benelux, Skandinavia



BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang.
 Hubungan internasional merupakan interaksi antar aktor yang tindakannya memiliki konsekuensi penting terhadap faktor lain dari luar jurisdiksi efektif unit politiknya. ( Perwita, dan Yani. 2005:7). Salah satu bentuk interaksi dalam hubungan internasional terdapat dalam suatu wadah yaitu politik internasional, dimana politik internasional ini adalah stage (arena) bertemunya politik luar negeri suatu negara. Interaksi antar negara cenderung berubah-ubah dari waktu ke waktu tergantung dari kepala pemerintahan yang berkuasa. Hubungan bilateral yaitu bentuk hubungan kerjasama (diplomatis) antara satu Negara (NKRI) dengan Negara atau blok Negara lainnya, yang mana Negara-negara sahabat tersebut berada di benua yang berbeda. Misalnya kerjasama bilateral antara Indonesia dengan Negara-negara eropa ( Jerman, Inggris, Benelux, negara-negara di kawasan Skandinavia. dst).
            Hal tersebut mengacu kepada tujuan kepentingan nasional yang tertuang dalam Perpres No. 27/2005 mengenai Tiga Agenda Pembangunan Nasional guna mewujudkan masyarakat aman dan damai, adil dan demokratis, serta sejahtera. Hubungan tersebut dijalankan dalam kerangka politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif berdasarkan prinsip-prinsip saling menghormati (mutual respect) dan hubungan yang saling menguntungkan (mutually beneficial relationship) baik melalui pendekatan secara kelompok maupun bilateral (group and bilateral    approach).
            Pola hubungan tersebut dapat kita lihat pada implementasi hubungan antara Indonesia dengan Negara-negara Eropa Barat. Negara-negara Eropa barat (Jerman, Inggris, Beneluk dan Skandinava), Secara umum memiliki arti penting bagi Indonesia mengingat bahwa  Eropa Barat merupakan salah satu kekuatan utama politik dan ekonomi dunia saat ini. Dukungan Eropa Barat terhadap integritas wilayah NKRI merupakan salah satu sasaran Polugri Indonesia akhir-akhir ini. Di bidang ekonomi, Eropa Barat merupakan pasar ekspor dan sumber impor utama bagi Indonesia. Eropa barat juga merupakan sumber utama investasi asing di Indonesia, khususnya di bidang pertambangan dan industri kimia. Di samping itu, dengan kemampuan di bidang IPTEK dan pendidikan yang sangat advanced, Indonesia berkepentingan untuk memanfaatkan keunggulan-keunggulan tersebut dalam kerja samanya dengan Erpa barat.
            Hubungan bilateral RI – Eropa barat selalu diupayakan peningkatannya dari waktu ke waktu melalui strategi Diplomasi Total, yang diwujudkan antara lain melalui (a) penyelenggaraan Forum Konsultasi Bilateral (FKB) dan Joint/Mixed Commission (baik dengan UE maupun negara-negara individu Eropa timur), (b) promosi perdagangan, investasi, dan pariwisata, dan (c) pemeliharaan kontak sosial-budaya melalui pertukaran misi-misi kebudayaan secara timbal-balik. Hubungan bilateral RI – Eropa barat dewasa ini diprioritaskan untuk bidang-bidang kerja sama yang terkait dengan penanganan isu-isu terorisme internasional, demokrasi, good governance, dan lingkungan hidup.
B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalahnya sebagai berikut:
1.      Apakah hubungan bilateral antara negara Indonesia Dengan negara Jerman?
2.      Apakah hubungan bilateral antar negara Indonesia dengan negara Inggris?
3.      Apakah hubungan bilateral antara negara indonesia dengan negara Benelux?
4.      Bagimanakah hubungan bilateral Indonesia dengan negara-negara di kawasan Skandinavia?
C.  Tujuan dan Manfaat
1.      Tujuan
Dalam penulisan ini tujuannya yaitu untuk mengetahui bagaimana hubungannya Indonesia dengan negara-negara lain (Jerman, Inggris, Benelux, Skandinavia).
2.      Manfaat
Manfaat dari tulisan ini adalah guna untuk mengetahui serta menambah wawasan pengetahuan lebih luas bagaimana hubungan bilateral Indonesia dengan  ke empat negara di Eropa (Jerman,Inggris,Skandinavia,Benelux)


UNTUK MAKALAH SELENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DI BAWAH INI
Share:

No comments:

Post a Comment

Wikipedia

Search results