"PORTAL GEOGRAFI, LINGKUNGAN DAN TATA KOTA" Gapai mimpimu untuk masa depan yang lebih baik

Makalah KONDISI SOSIAL EKONOMI BENUA ASIA



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Benua Asia merupakan benua terbesar dan berpopulasi terpadat di dunia dengan wilayah yang mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi 50 negara yang tersebar dari daratan luas Asia Kecil, Timur Tengah, hingga Samudera Pasifik. Asia sendiri sering dibagi-bagi menjadi beberapa wilayah: yakni Asia Timur, Asia Tengah, Asia Tenggara, Asia Selatan dan Asia Barat. Asia merupakan benua terbesar yang berada di bumi dengan Luas wilayah yang mencapai sekitar 43.810.582 Km2. Jumlah penduduk di Benua Asia pada pertengahan tahun 2003 diperkirakan sebesar 3.830.200.00 jiwa dengan kepadatan penduduk 312 per km2 dan dengan pertumbuhan penduduk sebesar 1,4% per tahun. Jumlah pernduduk tersebut merupakan jumlah penduduk terbesar dibandingkan benua-benua lain. Hal ini disebabkan karena 1/3 penduduk dunia berada di Benua Asia.
Berdasarkan perkiraan pada 1 juli 2008, populasi penduduk Asia mencapai 4.050.404.193 jiwa dan kepadatan penduduknya mencapai 89.07/ Km2. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Negara dengan populasi penduduk paling tinggi adalah Negara Cina, yakni 1.322.044.605 jiwa sedangkan Negara dengan populasi penduduk paling kecil adalah Negara Maladewa, yakni 379.174 jiwa (pada perkiraan 1 Juli 2008). Penduduk Asia terdiri dari berbagai tipe ras yang telah bercampur baur sehingga menimbulkan Asimilasi.
Sebagian besar aktivitas penduduk di Benua Asia bergelut di bidang Agraris (pertanian, peternakan dan perikanan) dan Pertambangan. Hal ini dipenguruhi oleh keadaan wilayah dan sumberdaya manusia yang dimiliki oleh masyarakat masih tergolong rendah. Hanya beberapa Negara saja yang Industrinya telah berkembang, misalnya Jepang, Korea Selatan, dan Singapura. Kebanyakan ekonomi negara-negara di Asia masih digolongkan kepada negara berkembang, kecuali Negara Jepang, Korea, Brunei, Singapura dan beberapa Negara lainnya yang tergolong Negara maju.
Gografi merupakan disiplin ilmu bersifat integratif yang mempelajari obyek studi (penduduk, tempat dan lingkungannya) dalam dimensi fisik dan manusia (Haggett, 2001). Sementara I Made Sandy (1973) mengetengahkan sebuah definisi geografi sebagai bidang ilmu yang mempelajari berbagai gejala di permukaan bumi dalam perspektif keruangan. Sandy ingin menekankan bahwa gejala apapun dapat menjadi bidang telaah geografi jika ditinjau dari sudut pandang keruangan. Hal inilah yang menjadi aspek kajian dalam makalah ini yakni masalah kependudukan dan lingkungan sosialnya, di mana manusia dan lingkungan merupakan aspek kajian geografi.
Salah satu masalah kependudukan yang menjadi sorotan adalah timbulnya kemiskinan yang diakibatkan karena ledakan penduduk tanpa diimbangi kapasitas ruang/ wilayah sebagai tempat tinggalnya. Lebih lanjut, akar penyebab kemiskinan di kawasan Asia tidak besifat tunggal, melainkan bersifat multifaktor. Rangkaian hubungan sebab-akibat berbagai faktor itu akhirnya berujung pada kondisi rendahnya tingkat pendapatan kelompok masyarakat tertentu sehingga menyebabkan mereka menjadi miskin. Secara garis besar faktor penyebab kemiskinan dapat dikelompokkan menjadi enam kategori, yaitu: ketidakberdayaan, kekurangan materi, keterkucilan, kelemahan fisik, kerentanan, sikap atau perilaku (Mawardi, 2004).
Terkait dengan System kepemerintahan Negara-negara di Benua Asia, Negara-negara pada kawasan ini menganut system pemerintahan yang beraneka ragam, yakni system Pemerintahan Presedensil, Parlementer dan Komunis.

B.     RUMUSAN MASALAH

Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan makalah ini yakni :

1.      Berapakan jumlah penduduk yang tinggal kawasan Asia?
2.      Apa saja yang terkait dengan aktivitas penduduk Negara-negara di Kawasan Asia?
3.      Bagaimana kegiatan perekonomian yang dilakukan di Benua Asia?
4.      Bagaimana bentuk atau system pemerintahan dari Negara-negara yang berada di Benua Asia?

C.    TUJUAN
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini, yakni :
1.      Untuk mengetahui jumlah penduduk yang tinggal di kawasan Asia
2.      Untuk memahami aktivitas penduduk di kawasan Asia
3.      Untuk mengetahui kegiatan perekonomian yang dilakukan di Benua Asia
4.      Untuk memahami bentuk atau system pemerintahan dari Negara-negara yang berada di Benua Asia.
  


UNTUK FILE SELENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DI BAWAH INI
Share:

No comments:

Post a Comment

Wikipedia

Search results