"PORTAL GEOGRAFI, LINGKUNGAN DAN TATA KOTA" Gapai mimpimu untuk masa depan yang lebih baik

MAKALAH PERAN PARIWIDATA DI INDONESIA


UAS GEOGRAFI EKONOMI
PERAN PARIWISATA DI INDONESIA
Dosen Pengampu : Nanang Febrianto, S.P., M.P


Oleh
Nama : Dedi Irawan
NIM : 110401050062
KELAS : Geografi 2011 B


FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN GEOGRAFI
UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG
2013
BAB I
RUJUKAN
Pariwisata yaitu kegiatan perjalanan untuk rekreasi. Biasanya masayarakat mengunjungi tempat-tempat pariwisata yang menarik, mulai dari gunung, pantai, perkotaan, dll. Manusia modern sekarang ini menjadikan pariwisata sebagai kebutuhan pokok setelah disibukkan oleh urusan pekerjaan. Apalagi didukung oleh semakin banyaknya armada transportasi yang menawarkan tarif serta harga yang menarik dengan destinasi tertentu membuat masyarakat menjadi lebih bersemangat dalam berekreasi.
Peran pariwisata sendiri dapat mengkontribusi pariwisata terhadap PDB nasional dan daya serap lapangan kerja di sektor industri pariwisata sangatlah menguntungkan. Apalagi dengan banyaknya tempat wisata yang baru untuk menarik minat wisatawan asing maupun domestik.
Pariwisata tidak hanya berdampak positif bagi dan PDB tetapi juga pemasukan dana APBD ke daerah juga relatife besar dan Pembangunanpun berjalan maksimal.










BAB 1
PEMBAHASAN
Pariwisata yaitu kegiatan perjalanan untuk rekreasi. Biasanya masayarakat mengunjungi tempat-tempat pariwisata yang menarik, mulai dari gunung, pantai, perkotaan, dll.Industri pariwisata memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional. Hal ini terlihat dari kontribusi pariwisata terhadap PDB nasional dan daya serap lapangan kerja di sektor industri pariwisata. Data Depbudpar menunjukkan, bahwa kontribusi pariwisata terhadap PDB nasional terus meningkat sejak tahun 2004 sampai sekarang.
Pada 27 Februari lalu, Bali Tourism Board kembali mengadakan event rutin Selasa Pariwisata bertajuk “Dampak Pariwisata Terhadap Ekonomi Makro dan Ekonomi Kreatif”. Untuk pembicara kali itu adalah Wakil Gubernur Provinsi Bali Anak Gede Puspayoga (pembicara utama), Ida Bagus Ngurah Wijaya (Chairman of Bali Tourism Board) dan I Wayan Suarjaya (Associate Head at the State Hindu Dharma Institute of Denpasar).
Seminar tersebut memaparkan beberapa fakta tentang Bali. Provinsi Bali, misalnya,  tidak punya sumber pendapatan yang besar kecuali dari sektor pariwisata. Di Bali saat ini 650.000 orang menggantungkan hidupnya di sektor pariwisata. Peran Provinsi Bali dalam menyumbangkan 40% devisa nasional (sekitar Rp 45 Triliun). Ironisnya, banyak masyarakat lokal yang masih berprofesi menjadi petani dan pelaku industri  kecil rumahan. Selain mendorong ekonomi makro, pariwisata juga dituntut untuk ikut mendorong perekonomian lokal. Puspayoga menegaskan realitas yang terjadi adalah pertumbuhan ekonomi Bali tahun lalu meningkat, namun kemiskinan juga meningkat. Puspayoga mempertanyakan apa yang salah terkait dengan fenomena itu.
Bagus Ngurah Wijaya mengatakan solusi dalam membentuk masyarakat yang sejahtera dapat dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya, pembebasan lahan dengan mengikutsertakan masyarakat dan pemilik lahan sebagai stakeholder.
Pembebasan lahan sangat penting untuk pembangunan transportasi, khususnya bandara dan tempat penginapan, di situlah tenaga kerja akan tercipta dengan memanfaatkan tenaga masyarakat sekitar sehingga Masyarakat bali bias maju di bidang perekonomiannya selain itu dana APBD yang masuk juga akan bertambah tidak hanya untuk daerah bali tempat pariwisata sangat berpengaruh besar terhadap dana APBN,
Di Indonesia hampir setiap daerah mempunyai tempat pariwisata yang cukup banyak sehingga banyak touris manca Negara ingin sekali singgah untuk berwisata khususnya di pulau Bali. Pulau Bali beragam budaya juga di tampilkan sehingga terasa lengkap antara panorama alam dan seni budayanya menjadi faktor kesinambungan yang menarik untuk di kunjungi dan di saksikan.
Masyarakat bali pada dasarnya beragama hindu dan cukup kental di situ pula beragam tarian keagamaan dan adat setempat juga mempengaruhi pengunjung untuk menikmati kekayaan wisata dan seni budayanya, bahkan pengunjung manca Negara juga di izinkan untuk mengikuti latihan seni budaya tersebut.
Sarana dan prasarana di Pulau bali sangat lengkap sehingga memudahkan pengunjung menjakau lokasi-lokasi pariwisatanya, selain itu di bukanya bandara sehingga para wisatawan dengan mudah menuju Pulau bali. Tempat wisatanya cukup menarik dengan wahana-wahana yang di sediakan seperti selancar, balon terbang, ski, bahkan Para laying juga sangat banyak di temukan khususnya di daerah pantai.









BAB III
KESIMPULAN
Oleh karena itu Industri pariwisata memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional. Hal ini terlihat dari kontribusi pariwisata terhadap PDB nasional dan daya serap lapangan kerja di sektor industri pariwisata.. kontribusi pariwisata menciptakan lapangan kerja mengalami pasang surut. Selain mendorong ekonomi makro, pariwisata juga dituntut untuk ikut mendorong perekonomian lokal. Hal ini juga membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan ekonomi di dalam negeri.
Periwisata sangat penting bagi perekonomian Daerah sehingga dana APBD yang masuk sangat berarti untuk pembangunan daerah setempat khususnya tempat pariwisata.
Pariwisata tidak hanya berarti bagi pembangunan tetapi dengan adanya pariwisata baru dengan otomatis akan menyerap tenaga kerja di masyarakat sekitar, sehingga masyarakat setempat juga di untungkan karena adanya tempat pariwisata.
Di Era globalisasi banyak masyarakat yang membutuhkan tempat pariwisata sebagai saranana berlibur, menjalin pekerjaan, menanam saham, sehingga dengan adanya pariwisata inilah para pengusaha menanam sahamnya ke daerah setempat untuk melakukan suatu pembangunan daerah wisata.








SARAN
Masyarakat Indonesia harus kreatif membuka lapangan Usaha dengan memanfaatkan alam sekitar yang mendukung sebagai tempat pariwisata di mana peran pemerintah tersebut juga harus aktif dalam mensosialisasikan dan mengarahkan masyarakatnya,
Sektor pariwisata ini sangatlah penting dan sangat di butuhkan para wisatawan khusus masarakat domestic maupun manca Negara, dengan pendapatan itulah sebagian hasilnya akan masuk dalam anggaran APBD sehingga Pembangunan akan terus lancer dan daerah tersebut akan menjadi maju.
Masyarakat setempat juga harus memperbanyak skill atau kemampuan dan ketrampilan agar peluang pekerjaan bisa cukup di jalankan oleh masyarakat setempat,
Indonesia yang paling terkenal wisatanya adalah pulau bali, oleh karena itu para touris asingpun berdatangan untuk berlibur menikmati suasana Pulau bali sehingga masyarakat setempat salah satunya agar dapat mempertahankan keakrabannya kepada pengunjung di harapkan berperilaku sopan dan yang paling utama adanya lembaga pembelajaran bahasa asing sehingga antara masyarakat dan pengunjung asing dapat berkomunikasi dengan jelas dan ramah.









DAFTAR PUSTAKA
http://the-marketeers.com/archives/dampak-pariwisata-pada-perekonomian-di-bali.html
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/10/20/08325026/Ini.Dia.Hubungan.Pariwisata.dengan.Ekonomi.Kreatif
Share:

Wikipedia

Search results