.comments-page { background-color: #00BFFF;} #blogger-comments-page { padding: 0px 5px; display: none;} .comments-tab { float: left; padding: 5px; margin-right: 3px; cursor: pointer; background-color: #f2f2f2;} .comments-tab-icon { height: 14px; width: auto; margin-right: 3px;} .comments-tab:hover { background-color: #eeeeee;} .inactive-select-tab { background-color: #d1d1d1;} -->

Sunday, December 9, 2012

MAKALAH BENUA ASIA



BAB I
BENU ASIA

A.   Pendahuluan

Benua Asia merupakan benua terbesar dan berpopulasi terpadat di dunia dengan wilayah yang mencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi 50 negara yang tersebar dari daratan luas Asia Kecil, Timur Tengah, hingga Samudera Pasifik. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia.
Benua Asia dan Eropa merupakan benua yang terhubung lewat darat dan keduanya membentuk suatu benua raksasa yang disebut sebagai Eurasia. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur sehingga beberapa negara seperti Turki kadang-kadang dapat dimasukkan ke Asia maupun ke Eropa. Beberapa bentang alam yang sering dipakai untuk memisahkan kedua benua tersebut adalah Dardanella, Laut Marmara, Selat Bosporus, Laut Hitam, Pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Emba), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya. Selain itu, Benua Asia dan Afrika juga memiliki perbatasan darat yang bertemu di sekitar Terusan Suez.
Kata "Asia" masuk kedalam bahasa Indonesia, melalui bahasa Belanda, dari Yunani Kuno Ασία (Asia; lihat juga daftar nama nama tempat tradisional Yunani). Nama ini pertama kali dicoba di Herodotus (pada 440 sebelum masehi), dimana mengacu pada Asia Kecil; atau, dengan maksud menggambarkan Perang Persia, kepada Kerajaan Persia sebagai musuh Yunani dan Mesir. Meski sebelum Herodotus, Homer mengetahui celah Troya bernama Asios, anak laki laki Hyrtacus, penguasa atas beberapa kota, dan dimana dia menggambarkan rawa rawa sebagai "ασιος" (ilias 2, 461). Istilah Yunani yang diturunkan dari Assuwa, suatu konfiderasi negara negara di Anatolia Barat pada abad ke 14 sebelum masehi. Hittite assu - "Bagus" kemungkinan adalah bagian dari nama itu.
Selain itu, pokok asal usul kata dari istilah itu kemungkinan dari kata Akkadia (w)aṣû(m), yang masih kerabat kata Ibrani יצא, yang berarti "keluar" atau "naik", mengacu ke arah matahari pada saat fajar (matahari terbit) di Timur Tengah, dan juga nampaknya berhubungan dengan kata Fenisia asa yang berarti timur. In kontras mungkin dengan asal usul kata yang diusulkan Eropah, dari bahasa Arab dan Parsi erēbu "masuk" atau "terbenam" (bagi matahari). Meskipun begitu, asal usul pengharapan Mesoppotamia atau Timur Tengah tak akan menjelaskan bagaimana istilah "Asia" pertama datang yang dipadukan dengan Anatolia sebagai tinggal dibarat dari bahasa daerah Arab Persia.
B.   Pembagian wilayah Benua BAsia
Peta Asia
Sebagaimana telah disebutkan, Asia dapat dianggap sebagai suatu bagian dari benua Eurasia yang lebih besar. Untuk pembagian berdasarkan istilah ini, lihat Eurasia Utara dan Eurasia Tengah.

Pembagian Wilayah Asia:
1.      Asia Tengah. Tidak ada konsensus pasti tentang penggunaan istilah ini, namun biasanya mencakup. Uzbekistan, Tajikistan, Turkimenistan, Kirgiztan, Kazakstan, Armenia, Russia,  dan Azerbaijan.
2.      Asia Timur Wilayahnya Mencakup.
a.       Kepulauan Samudra Pasifik Taiwan dan Jepang.
c.       Republik Rakyat Cina.
3.      Asia Tenggara. Daerah ini mencakup Semenanjung Malaka, Indochina dan kepulauan-kepulauan di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Negara-negara yang termasuk daerah ini adalah:
a.       Di daratan Asia Tenggara: Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja dan Vietnam.
b.      Di Kepulauan Asia Tenggara: Malaysia, Filipina, Singapura, Indonesia, Brunei dan Timor-Leste.
Malaysia dibagi menjadi dua bagian oleh Laut China Selatan, dan daratan, daratan pertama di Semenanjung Malaka, dan yang kedua ada di Pulau Kalimantan. Dengan ini mempunyai bagian daratan dan bagian kepulauan
Nama dua kepulauan Malaysia:
a.       Kepulauan Malaysia Timur terdapat pada Pulau Kalimantan. Terdiri dari dua negara bagian Sabah dan Serawak.
b.      Kepulauan Malaysia Barat terdapat pada sebelah selatan Thailand.
4.      Asia Selatan Wilayahnya terdiri dari:
b.      Negara-negara Samudera Hindia: Sri Lanka dan Maladewa.
c.       Julukan untuk negara India adalah : Anak benua Asia, Asia muka.

5.     Asia Barat/ Timur Tengah terdiri dari:
a.       Negara pulau Siprus di Laut Tengah.
b.      Levant atau Timur Dekat, yang termasuk Suriah, Yordania, Lebanon dan Irak.
c.       Jazirah Arab, termasuk Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, Qatar, Oman, Yaman dan kadang juga Kuwait.
d.      Daerah Kaukasus, termasuk Azerbaijan dan Armenia.
e.       Hamparan Iran, yang terdiri dari Iran dan bagian negara-negara lain.

C.   Kodisi Fisiografis Benua Asia
1.      Letak, Luas dan Batas Benua Asia
a.       Letak Astronomi. Benua Asia memiliki letak astronomis anraea 110 LS ~ 770 LU dan 260 BT ~ 1690 BB.
b.      Letak geografis.  Letak geografis Benua Asia sangat strategis karena beradada di antara dua benua dan dua samudera, sebelah utara berbatasan langsung dengan Benua Eropa dan samudra pasifik sedangkan disebelah selatan berbatasan dengan Benua Australia dan samudera Hindia
c.       Batas.
·         Sebelah barat dengan benua Eropa yang dibatasi oleh Penggunungan Ural, Laut Ural, Laut Kaspia, Laut Merah, Terusan Zues, Laut Tengah draan Laut marm
·         Sebelah timur dengan Smudra Pasifik dan delat bering
·         Sebelah selatan dengan Samudra Hindia dan Benua Australia.
·         Sebelah utara dengan Samudra Artik.
d.      Luas. Benua Asia merupakan benua terluas di dunia. Hampir 1/3 daratan yang ada di dunia terletak dibenua Asia. Benua Asia memiliki luas kurang lebih 44.000.000 km2.

2.      Kondisi Geologis Benua Asia
Geologis Benua asia tergabung dalam lempeng Laurasia yang berada di belahan bumi bagian utara. Yang termasuk lempeng laurasia adalah benua Asia, Benua Eropa dan Amerika Utara. Kurang lebih 200 juta tahun yang lalu bumi ini Cuma ada satu darata yaitu Pangaea dan satu lautan yaitu thentys atau phantalassa.
3.      Iklim Benua Asia
Keadaan iklim daerah sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor fisik dan letak lintang di muka bumi. Oleh sebab itu, Benua Asia memiliki iklim yang beragam. Iklim yang ada di Benua Asia adalah sebagai berikut.
a.       Iklim Dingin. Iklim dingin terdapat di wilayah Asia bagian utara terutama di Daratan Siberia yang memiliki iklim kontinental kutub (iklim subartik). Wilayah dengan iklim ini memiliki musim panas yang pendek. 
b.      Iklim Kontinental. Iklim kontinental atau iklim darat terdapat di wilayah Asia Tengah dan Cina Barat Laut. Wilayah dengan iklim ini terutama di daerah Gurun Gobi di Cina yang kering.
c.       Iklim Subtropis Basah. Iklim subtropis basah mendominasi wilayah Cina Timur dengan kisaran garis lintang 250 LU - 350 LU. Wilayah beriklim ini banyak mengalami turun hujan karena pengaruh angin muson tenggara dan Samudra Pasifik.
d.      Ikilm Tropis Basah. Iklim tropis basah sebagian besar terdapat di Asia Tenggara da Asia Selatan. Wilayah dengan iklim ini memiliki cirah hujan yang cukup tinggi antara 1.000 sampai 2.000 mm pertahun. Iklim tropis sangat sipengaruhi oleh angin muson yang mengakibatkan terjadinya musim kemarau dan musim hujan.
e.       Iklim Gurun. Iklim gurun sifatnya kring sehingga curah hujan yang ada amat rendah (250 mm - 220 mm/tahun). Iklim Gurun dapatterjadu karena pengaruh angin uang berasak dari daerah gurun yang Kering. Iklim ini banyak terdapat di Asia Barat terutama du Jazerah Arab dan Asua Tenfah di sekitar Gurun Robi.
4.      Flora dan Fauna
a.       Flora. Di dunia, keadaan  flora  sangat dipengaruhi oleh adanya iklim di wilayah itu sendiri. Persebaran flora di Benua Asia sangat dipengaruhi iklim dengan persebaran sebagai berikut.
1)      Di Asia Utara khususnya daearan Siberia, hanya terdapat tumbuhan tundra(padang rumput di daerah bersalju), lumut, dan taiga (sejenis tundra).
2)      Di Asia Tengah banyak dijumpai padang rumput karena di daerah ini sedikit turun hujan.
3)      Di asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Selatan banyak terdapat hutan hujan tropis dan tanaman bernilai tunggu seperti kayu, tanaman perkebunan, dan buah-buahan.


b.      Fauna  Asia kaya akan fauna yang dapat di manfaatkan oleh manusia, maupun fauna liar dan fauna yang dilindungi. fauna-fauna tersebut antara lain sebagai berikut.
1)      Fauna yang diternakkan fauna yang banyak diternakkan oleh manusia dan banyak terdapat di Benua Asia seperti sapi, kerbau, kuda, domba, dan unta.
2)      Fauna Liar fauna liar di Benua Asia banayka tersebar di beberapa daerah. Di daerah kutub banyak fauna liar seperti rusa, beruang es, singa laut dan rubah. Di Mongolia terdapat fauna liar seperti antilop. Di Asia Tenggara dan Selatan banayk terdapat fauna liar seperti gajah badak, kera, dan harimau.
3)      Flora yang dilindungi Beberapa faina tang dilindungi Benua Asia di antaranya Komodo(Varanus komodoensis) di pulu Flores dan badak bercula satu di Pulau Jawa, Indonesia. Fauna liar lain yang dilindungi seperti harimau putih di India dan panda di Cina.

5.     Keadaan alam
Bentang alam Benua Asia terdiri dari daratan tinggi, dataran rendah, dan wilayah gurun pasir. Bentuk bentang alam tersebut dijabarkan berikut ini.
a.       Dataran tinggi. Secara fisik, Benua Asia berbentuk pegunungan-pegunungan besar seperti Pegunungan Himalaya dengan puncak tertingginya, yaituh mount Everest(8.848 m). Lalu, disebelah barat terletak Pegunungan Hindukush yang berada di negara Afganistan dan Pakistan serta Pegunungan Kunlun di Cina. Dari pegunungan tinggi, dataran tinggi di Asia melandai dan membentuk dataran-dataran tinggi atau plato seperti di India, yaitu Dataran Tinggi Dekkan. Lalu ada pula Dataran Tiggi Tibet di Cina barat daya yang merupakan dataran tertinggi dan terluas di Asia. Dataran Tinggi Tibet terkenal dengan sebutan Atap Benua. Kemudian, di Turki terdapat Dataran Tinggi Anatoli. Selain itu di Asia Tenggara juga trerdapat beberapa dataran tinggi. Gunung Mount Everest
b.      Dataran Rendah
1)      Dataran Rendah di Asia Utara. Dataran rendah di Asia Utara didominasi oleh Daratan Siberia yang dialiri oleh sungai Ob, Sungai Yenasai, Sungai Lena, Sungai Amur.
2)      Dataran Rendah di Asia Timur. Dataran rendah di Asia Timur terdapat di Dataran Rendah Cina Timur di ana terdapat aliran Singau Huang Ho(Sungai Kuning), Sungai Yang Tse Chiang, dan sungai Mekong di Cina Selatan yang bermuara di Indocina.
3)      Dataran Rendah di Asia Tenggara. Dataran rendah di Asia Tenggara dialiri oleh sunga Menom(Chao Praya), Sungai Soluen, dan Sungai Irawadi. Dataran rendah terluas dan paling subur untuk daerah pertanian adalah Dataran Rendah Menom yang sebagian besar berada di wilayah negara Thailand.
4)      Dataran Rendah di Asia selatan dan Asia Barat. Dataran rendah di Asia Selatan terdiri atas Dataran Rendah Hindustan yang dialiri oleh Sunga Gangga dan anak sungainya Yamna. Sungai ini kemudian bergabung dengan Sungai Brahmaputa di bangladesh. Sedangkan dataran rendah di Asia Barat terdapat Lembah Eufrat dan Tegris di Irak. Di Arab Saudi trerdapat Dataran rendah EI Hassa yang bayak terdapat smber minyak bumi.

6.      Keadaan Tanah
Keadaan tanah disuatu wilayah sangat berfariasi dan tidak sama. Faktor iklim dan persebaran flora dan fauna serta kondisi geologis menjadi faktor utama yang mempengaruhi persebaran tanah di suatu wilayah.

D.   Kondisi Sosial Ekonomi Benua Asia
1.      Jumlah dan Kepadatan Penduduk
a.       Jumlah Penduduk
Jumlah penduduk di Benua Asia pada pertengahan tahun 2003 diperkirakan sebesar 3.830.200.00 jiwa dengan kepadatan penduduk 312 per km2 dan dengan pertumbuhan penduduk sebesar 1,4% per tahun. Jumlah pernduduk tersebut merupakan jumlah penduduk terbesar dibandingkan benua-benua lain. Hal ini disebabkan karena 1/3 pendduk dunia berada di Benua Asia.
Penduduk Asia dibedakan atas beberapa ras dan suku bangsa utama, yaitu sebagai berikut.
1)      Ras Kaukasoid (Ras Kulit Putih) Ras penduduk ini terdapat di Asia tengah, Asia Barat, dan di India(suku bangsa Arya/Hindu)
2)      Ras Negroid (Ras Kulit Hitam) Ras penduduk ini terdapar di phidelpia (Negrito), India (dravida), Indonesia Timur (Papua), dan Arab Saudi (Nomad)

b.      Kepadatan penduduk
Berikut ini adalah daftar negara-negara dan wilayah menurut kepadatan penduduknya dalam jumlah penduduk/km2. Berbeda dengan angka-angka dalam artikel negara-negara, angka-angka pada tabel ini didasarkan pada area yang mencakup perairan (danau, reservoir, sungai) dan karenanya mungkin angkanya lebih kecil di sini. Seluruh Rusia, Mesir, dan Turki disebutkan di dalam tabel ini, meskipun hanya sebagian dari wilayah negara-negara itu berada di Asia. Georgia, Armenia, dan Azerbaijan juga dicantumkan di sini, meskipun negara-negara itu juga dapat dianggap sebagai bagian dari Eropa. Tepi Barat dan Jalur Gaza tidak dicantumkan secara terpisah, melainkan digabungkan sebagai bagian dari wilayah Palestina.
Tabel Kepadatan Penduduk Negara – Negara di Asia berdasarkan luas ( per km²)
Nama region dan
territoral dengan bendera
Luas
(km²)
Populasi
(perkiraan 1 Juli 2008)
Kepadatan Penduduk
(per km²)
2,724,927
15,666,533
5.7
198,500
5,356,869
24.3
143,100
7,211,884
47.0
488,100
5,179,573
9.6
447,400
28,268,441
57.1
9,584,492
1,322,044,605
134.0
1,092
7,903,334
6,688.0
377,835
127,288,628
336.1
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/72/Flag_of_the_Republic_of_China.svg/22px-Flag_of_the_Republic_of_China.svg.png Republik Cina (Taiwan)
35,980
22,920,946
626.7
25
460,823
18,473.3
1,565,000
2,996,082
1.7

Artikel Terkait

Bagikan