"PORTAL GEOGRAFI, LINGKUNGAN DAN TATA KOTA" Gapai mimpimu untuk masa depan yang lebih baik

Biogeografi dalam pelestarian Hewan Dan Tumbuhan Di indonesia

Untuk kali ini saya akan menulis artikel biogeografi ddalam ilmu geografi dalam pendekatan lingkungan dan ruang lingkupnya.

Sebenarnya saya sedikit agak memberanikan diri untuk menulis artikel ini karena bahan pengutahuan saya yang masih relatif pas-pasan tetapi saya sedikitnya menguraikan isi dari otak saya semoga bisa bermanfaat.

Biogeografi adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang keanekaragaman hayati berdasarkan ruang dan waktu. Biogeografi yaitu bidang ilmu yang mempelajari dan berusaha untuk menjelaskan distribusi organisme di permukaan bumi. Cabang keilmuan ini bertujuan untuk mengungkapkan mengenai kehidupan suatu organisme dan apa yang mempengaruhinya.

Nah maka dari itu saya akan menjelaskan fakta yang ada di indonesia, Di sini saya tidak membahas tentang makluk hidup tumbuhan dan hewan di masa dahulu tetapi saya di sinimembahas kenyataan yang sebenarnya yang terjadi di era globalisasi seperti sekarang.

Indonesia memiliki iklim tropis dimana iklim tropis tersebut memiliki perbedaan yaitu tropis basah, tropis sedang dan,  tropis kering dimana di wilayah bagian sumatera dan kalimantan adalah termasuk daerah tropis basah yang mempunyai itensitas curah hujan yang tinggi sehingga sumatera dan kalimantan di kenal pulau yang memiliki hutan yang cukup lebat dan beraneka ragam spesies hewannya,

Kemudian untuk tropis sedang ini adalah pulau Jawa dimana di pulau jawa ini sebenarnya sangat dominan jika di tanami tumbuhan tetapi saking banyaknya faktor yang mempengaruhi khusunya manusia mengalih fungsikan lahan mengakinatkan populasi hewan dan tumbuhan di pulau jawa cukup tragis bahkan hewan-hewan yang langka hanya bisa kita temui di kebun binatang saja.

Kemudian wilayah dalam tipe tropis kering yaitu bagian timur indonesia, di bagian timur indonesia ini sangat kekurangn air sehingga disana tampaklah gersang dan tidak mungkin adanya hutan yang lebat, tumbuhan saja sulit berkembang apalagi faunanya,, nah maka dari itu apa sich gunanya kita kali ini mempelajari geografi hewan dan tumbuhan..?

Kita mempelajari hewan dan tumbuhan ini tatkala kita sebagai penerus bangsa yang cinta terhadap alam sekitar, harus berupaya melestarikan hewan dan tumbuhan di indonesia agar tidak punah, maka dari itu dari hal pertambangan, perindustrian, tetapi di sini lain agar dampak negatif dapat di tanggulangi kita harus menyediakan ruang lingkup tertentu untuk melestarikan hutan kita dan pastinya bebrapa spesies hewan yang ada di indonesia ini harus kita selamatkan.

Penulis: Dedi Irawan 19, September, 2013


Share:

Wikipedia

Search results