-->

Tuesday, September 24, 2013

Makalah Hubungan bilateral Indonesia dengan Australia



BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Indonesia adalah tetangga Australia yang terdekat. Hubungan antara kedua negara ini mempunyai sejarah yang panjang. Persamaan antara hewan dan tanaman yang ada di Australia, Irian Jaya, Nusa Tenggara dan Sulawesi merupakan bukti adanya hubungan tersebut. Juga terdapat hubungan sosial dan budaya. Cerita mengenai hubungan ini sudah lama dimulai dalam sejarah manusia. Namun sulit untuk mengatakan kapan tepatnya hubungan antara Australia-Indonesia itu dimulai.
Dalam perjalanannya, hubungan antara Indonesia dan Australia tidak terlepas dari konflik. Ketika terjadinya konfrontasi antara Indonesia dan Malaysia, Australia turut campur dengan berpihak kepada Malaysia. Militer Australia yang ketika itu mendukung Malaysia, terlibat pertempuran dengan militer Indonesia di Borneo (Kalimantan). Masa Pemerintahan Orde Baru di Indonesia merupakan suatu masa berkembangnya hubungan antara Indonesia dengan Australia. Namun, ketika terjadi pemisahan Timor Timur (sekarang Timor Leste) dari Indonesia pada 1999, hubungan kembali memanas. Indonesia menganggap bahwa lepasnya Timor Timur dikala itu akibat dari turut campur Australia. Saat ini, hubungan kedua negara juga sedikit terganggu akibat dari sikap sebagian kongres Australia yang membiarkan masuknya pelarian dari gerakkan Organisasi Papua Merdeka (OPM) ke wilayah Australia.
B.     Rumusan Masalah
1.    Bagaimanakah hubungan bilateral antara Indonesia dengan Australia dilihat dari segi politik, ekonomi, sosial budaya, dan pendidikan?
2.    Bagaimanakah kemajuan sektor industri, politik, dan pendidikan di negara-negara bagian Australia?
C.     Tujuan
1.    Mengetahui hubungan bilateral antara Indonesia dengan Australia dari segi politik, ekonomi, sosial budaya, dan pendidikan.
2.    Mengetahui kemajuan sektor industri, politik, dan pendidikan di negara-negara bagian Australia.
D.    Manfaat
1.    Sebagai bahan pertimbangan bagi pembaca bahwa antara Indonesia dan Australia memiliki hubungan yang erat baik dari segi politik, ekonomi, sosial budaya, dan pendidikan.
2.    Sebagai motivasi untuk meningkatkan sektor yang ada di negara Indonesia.
3.    Mengetahui kemajuan sektor industri, politik, dan pendidikan di negara-negara bagian Australia.


UNTUK MAKALAH SELENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DI BAWAH INI


Artikel Terkait

Bagikan