UNIVERSITAS
KANJURUHAN MALANG
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM
STUDI GEOGRAFI
JULI
2012
1.
Masalah-masalah yang ditemui adalah:
a. Persaingan
dalam pandangan budaya daan adat istiadat
b. Ketidakcocokan
dalam berbicara
c. Sama-sama
egois terutama dalam bekerja sama
d. Tidak
dapat menghargai orang lain
e. kurang
peduli terhadap sesama
f. Kurang
mampu menerima pelajaran dengan baik
2.
Layanan atau bimbingan yang diberikan
seperti:
a. Bimbingan
keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME
b. Layanan
dasar (penerimaan keterampilan)
c. Bimbingan
sosial (pengembangan sikap dan prilaku sosial yang bertanggung jawab)
d. Bimbingan
akademik
3.
Alasan-alasan pemilihan bimbingan atau
layanan:
a. Persaingan
dalam pandangan budaya daan adat istiadat
Diberikan layanan dasar karena
siswa masih belum bisa berprilaku baik dan belum bisa beradaptasi dengan teman
yang memiliki kebudayaan berbeda. Dengan adanya layanan dasar yang diberikan
kepada siswa dapat menanamkan etika dan nilai-nilai budaya yang baik dan bisa
saling menghargai.
b. Ketidakcocokan
dalam berbicara
Diberikan layanan responsif → mencakup bagian dari bimbingan
sosial, dimana konselor akan memberi pengarahan kepada siswa dalam
menyelesaikan ketidakcocokan itu agar siswa sehingga dengan adanya pengarahan
itu, siswa dapat lebih nyaman berinterkasi dan berkomnikasi dengan temannya
tanpa adanya ketidakcocokan tadi.
c. Sama-sama
egois terutama dalam bekerja sama
Layanan atau bimbingan yang
diberikan berupa bimbingan sosial → layanan responsif, dalam layanan responsif
yang merupakan bertujuan untuk mengatasi masalah kesulitan dalam hubungan
sosial , kesulitan, menyesuaikan dengan
lingkungan keluarga, tetangga, teman, sekolah dan masyarakat. Dalam hal ini konselor
membantu siswa bagaiaman cara bekerja sama yang baik dan kondusif, tidak adanya
kecemburuan yang mungkin timbul dalam suatu forum kerjasama.
d. Tidak
dapat menghargai orang lain
Masalah yang timbul seperti di
atas, guru atau konselor dapat memberikan layanan dasar seperti penanaman
terhadap siswa tentang nilai-nilai dan etika hidup bermasyarakat. Siswa
dibimbing dan diarahkan bagaimana manusia itu hidup bermasyarakat, komunikasi
dan saling menghargai itu perlu dan memiliki peranan penting dalam terwujudnya
kehidupan yang adil dan sejahtera.
e. kurang
peduli terhadap sesama
ketidakpedulian ini perlu dibuang
jauh-jauh dari pribadi siswa yang dapat menimbulkan keterasingan dalam hidup
bermasyarakat. Untuk itu guru atau konselor dapat memberikan bimbingan atau layanan
dasar, untuk menanamkan nilai-nilai dan etika hidup bermasyarakat yang baik dan
terwujudnya kehidupan yang saling peduli terhadap sesama.
f.
Kurang mampu menerima pelajaran
dengan baik
Layanan yang dapat diberikan dalam
menjumpai masalah diatas adalah layanan akademik yang dapat membantu siswa
dalam belajar. Karena kesulitan yang mungkin ditemui oleh siswa muncul karena
salah satu alasan, misalnya malas, guru atau konselor dapat mengarahkan siswa
untuk tidak malas dan bagaimana cara untuk menghindari dari sikap malas
tersebut.
4.
Jika saya seorang guru atau konselor
maka bimbingan dan layanan yang akan saya berikan yaitu bimbingan akademik ,
bimbingan sosial, layanan dasar, layanan responsif. Sehingga masalah-masalah
yanng muncul seperti diatas dapat diselesaikan dengan baik dan guru juga bisa
melaksanakan konferensi kasus yang
sekiranya dapat membantu terselesaikannnya masalah tersebut.