"PORTAL GEOGRAFI, LINGKUNGAN DAN TATA KOTA" Gapai mimpimu untuk masa depan yang lebih baik

TATA CARA MENGAJAR YANG BAIK BAGI SEORANG GURU PROFESIONAL

mumpung perkuliahan masuk sore saya ingin memberikan tips tentang tata cara mengajar yang baik bagi guru profesional.

Nah di sini tips-tips yang perlu di perhatikan dalam proses belajar-mengajar di antara lain

1. Seorang guru sebelum memulai awal masuk pengajaran baru harus sudah menentukan silabus dengan kurikulum terbaru.

2. Seorang guru juga harus membuat RPP berkarakter yang sesuai dengan kurikulum yang sudah di sesuaikan dengan sarana dan prasarana maupun peserta didik yang ada di sekolah masing-masing.

3. Metode pembelajaran yang di gunakan harus berfariatif supaya dalam proses pembelajaran tidak membosankan.

4. Seorang guru harus menguasai materi tidak hanya sekedar tau materi sehingga saat menjelaskan seorang guru tidak hanya menulis di papan tetapi yang baik menjelaskan dengan metode ceramah langsung menghadap kepada siswanya sehingga seorang murid guru bisa langsung memberikan tes tanya jawab untuk mengukur siswa yang aktif dan yang kurang aktif.

5. Seorang guru yang profesional masuk tepat waktu bisa membedakan urusan pribadi dan profesi dan yang paling utama guru profesional yang baik harus bisa mengerti kepada siswa sehingga hubungan seorang guru dan siswa terjalin ke akraban dalam tanda kutib "dalam konteks pendidikan"

6. Penugasan yang seperti PR tidak harus sering di berikan kepada siswa tetapi yang palin utama proses pembelajaran di sekolah harus bisa setidaknya 80% siswa bisa menguasai materi.

7. Seorang guru harus bisa mengajak siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran.

8. Guru harus pintar membuat media pembelajaran salah satunya mengunakan audio visual atau video pembelajaran yang memmungkinkan siswa dapat menerima materi dengan mudah, ibarat kata "dengan melilah kita tahu"

9 Ketika memulai dan mengakhiri jangan lupa untuk memberikan ramah tamah dan akhiran memberikan tips atau motivasi yang bertujuan menyemangati peserta didik.

10. buatlah data hasil penilaian belajar yang benar-benar kongkrit dengan apa yang di peroleh siswa, guru yang baik memberikan nilai kepada siswa dengan apa adanya " tidak ada penambahan yang bersifat menguntungkan siswa"


Demikian Tips Mengajar bagi seorang guru profesional jika ada yang kurang berkenan kami penulis mohon maaf sebesar-besarnya, kami menulis seperti ini karna jiwa kami juga seorang guru, dan kamipun belajar di fakultas keguruan sehingga kami mempunyai kiat-kiat untuk memajukan pengajaran di indonesia.
Share:

Wikipedia

Search results