"PORTAL GEOGRAFI, LINGKUNGAN DAN TATA KOTA" Gapai mimpimu untuk masa depan yang lebih baik

Makalah FISIOGRAFIS BENUA AFRIKA



Bab I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang


            Keunikan geografi fisik benua yaitu lokasi Afrika yang tidak seperti pada umumnya. Daratan pada benua Afrika letaknya dibelah menjadi dua oleh garis khatulistiwa baik ke arah Utara maupun ke arah Selatan yang jaraknya hampir sama. Sehingga mempunyai pengaruh besar terhadap keanekaragaman vegetasi, tanah, potensi agrikultur dan penyebaran penduduk. Kontinen ini seluruhnya terletak di daerah tropis dan subtropis.
            Afrika memiliki lokasi yang tidak semestinya. Jumlah massa tanah yakni quadrat dan tempatnya mengankang di daerah equator. Terbentang hampir sejauh utara hingga selatan. Lokasi ini mempengaruhi terhadap sayuran afrika, tanah, potensi pertanian, persebaran populasi. Dan benua ini terbentang di daerah dengan iklim tropik dan subtropik.
Afrika juga memiliki massa tanah dalam jumlah besar, jumlahnya hampir seperlima jumlah permukaan tanah di seluruh bumi. Jarak yang seperti ini akan membawa pengaruh yang besar terhadap lingkungan sekitar. Selain itu juga, sebagian besar benua Afrika terletak di garis bujur dimana sistem sirkulasi udara secara global membentuk kondisi-kondisi daerah kering. Sahara di bagian utara dan Kalahari di bagian selatan merupakan zone gurun yang terbentang luas di bumi ini sehingga masalah utama yang terjadi yaitu kukarangan suplai air sehingga mengalami kekeringan.
            Di sebelah utara pesisir Tunisia terbentang 4800 mil(7700km) dari sebelah selatan pesisir afrika selatan. Pesisir Senegal, menonjol daerah yang ekstrim di bagian bagian barat afrika, terbentang 4500mil (7200 km) dari ujung horn di Somalia timur. Bagian-bagian terbesar massa tanah terbentang di garis lintang yang mana proses sirkulasi athmosfer global menghasilkan kondisi kering. Sahara di bagian utara dan kalihari di selatan dari bagian korset-global gurun pasir, persediaan air merupakan salah satu masalah terbesar afrika; kerusakan yang diakibatkan oleh kekeringan juga sering terjadi.


MAKALAH SELENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DI BAWAH INI
Share:

No comments:

Post a Comment

Wikipedia

Search results