"PORTAL GEOGRAFI, LINGKUNGAN DAN TATA KOTA" Gapai mimpimu untuk masa depan yang lebih baik

MAKALAH HUBUNGAN BILATERAL INDONESIA DENGAN NEGARA- NEGARA DI BENUA AFRIKA



BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
            Hubungan bilateral yaitu bentuk hubungan kerjasama (diplomatis) antara satu Negara (NKRI) dengan negara atau blok negara lainnya, yang mana negara-negara sahabat tersebut berada di benua yang berbeda. Misalnya kerjasama bilateral antara Indonesia dengan negara-negara di benua Afrika (Afrika Selatan, Mesir, Aljazair Dan Zaire). Hubungan bilateral merupakan hubungan pembuka yang menandai dimulainya hubungan internasional.
            Hal tersebut mengacu kepada tujuan kepentingan nasional yang tertuang dalam Perpres No. 27/2005 mengenai Tiga Agenda Pembangunan Nasional guna mewujudkan masyarakat aman dan damai, adil dan demokratis, serta sejahtera. Hubungan tersebut dijalankan dalam kerangka politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif berdasarkan prinsip-prinsip saling menghormati (mutual respect) dan hubungan yang saling menguntungkan (mutually beneficial relationship) baik melalui pendekatan secara kelompok maupun bilateral (group and bilateral approach).
            Hubungan bilateral merupakan keadaan yang menggambarkan hubungan timbal balik antara kedua belah pihak yang terlibat, dan aktor utama dalam pelaksanaan hubungan bilateral itu adalah negara.
          Hubungan bilateral dapat dipandang sebagai fenomena sosial maupun sebagai disiplin ilmu atau bidang studi. Sebagai fenomena sosial, hubungan bilateral mencakup aspek yang sangat luas, yaitu kehidupan sosial umat manusia yang bersifat internasional dan kompleks. Fenomena hubungan bilateral dapat menyangkut konferensi-konferensi internasional, kedatangan dan kepergian para diplomat, penandatanganan perjanjian-perjanjian, pengembangan kekuatan militer, dan arus perdagangan internasional.
         Sebagai fenomena sosial, ruang lingkup hubungan bilateral sangat jamak, atau tidak berurusan dengan masalah-masalah politik saja. Namun seiring perkembangan zaman ruang lingkup hubungan internasional juga berkembang yaitu menyangkut masalah-masalah lingkungan hidup, hak asasi manusia, alih teknologi, kebudayaan, kerja sama keamanan dan kesejahteraan internasional
B.  Rumusan Masalah

1.      Bagaimanakah hubungan bilateral negara Indonesia dengan negara Afrika Selatan?
2.      Bagaimanakah hubungan bilateral negara Indonesia dengan negara Mesir?
3.      Bagaimanakah hubungan bilateral negara Indonesia dengan negara Aljazair?
4.      Bagaimanakah hubungan bilateral negara Indonesia dengan negara Zaire?

C.  Tujuan Penulisan

1.      Mengetahui hubungan bilateral negara Indonesia dengan negara Afrika Selatan.
2.      Mengetahui hubungan bilateral negara Indonesia dengan negara Mesir.
3.      Mengetahui hubungan bilateral negara Indonesia dengan negara Aljazair.
Mengetahui hubungan bilateral negara Indonesia dengan negara Zaire.


UNTUK MAKALAH SELENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DI BAWAH INI
Share:

No comments:

Post a Comment

Wikipedia

Search results