"PORTAL GEOGRAFI, LINGKUNGAN DAN TATA KOTA" Gapai mimpimu untuk masa depan yang lebih baik

MAKALAH PENGEMBANGAN PERTANIAN PANGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL

BAB I
PENDAHULUAN
           A. LATAR BELAKANG
Pertanian Pangan adalah usaha manusia untuk mengelola lahan dan agro ekosistem dengan bantuan teknologi, modal, tenaga kerja, dan manajemen untuk mencapai kedaulatan dan ketahanan pangan serta kesejahteraan rakyat. (Pasal 1 Angka 8 UU Nomor 41 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan).
Indonesia masih menyebut diri sebagai Negara agraris walaupun dari usaha-usaha dalam bidang pertanian belum sepenuhnya mampu mencukupi kebutuhan hidup rakyatnya sendiri. Hal ini terbukti dari terus dilakukan import produk pertanian strategis seperti beras, jagung, gandum dan kedelai. Kondisi sumber daya alam (SDA) pertanian di Indonesia sebenarnya cukup mendukung kearah pengembangan yang lebih baik. Berdasarkan jumlah produksi pangan, bila dihitung dengan kalori seharusnya mampu mencukupi secara Nasional bahkan hingga mencapai surplus. Namun, saat ini masalah ketidaktahanan pangan (Food Insecurity) tetap saja menjadi problematika bangsa. Sehingga tidak hanya polemik pemenuhan kebutuhan yang menjadi potret buram kondisi pangan bangsa, masalah keterbatasan akses masyarakat dan pemerataan pangan juga terkesan amburadul.
Pengembangan teknologi dewasa ini telah mengakibatkan terjadinya perubahan paradigma masyarakat dalam bidang kehidupan sosial ekonomi termasuk dalam bidang pertanian.
Ketergantungan terhadap ketersediaan hasil teknologi cukup tinggi, hal ini tidak menjadi masalah apabila memang benar-benar memberi manfaat berkelanjutan kepada petani, namun apabila hasil teknologi tersebut ternyata banyak memberikan mudharat kepada petani maka akan menjadi masalah besar bagi penguatan ketahanan pangan dan sudah tentu akan berimplikasi pada kualitas sumber daya manusia Indonesia.
Jika kita mengamati, menelaah dan mempelajari lingkungan sekitar kita, atau mau belajar dari komunitas lain diluar masyarakat secara umum, contohnya melihat perilaku masyarakat baduya dalam memelihara lingkungan pertanian, maka ada banyak hal yang bisa dipetik dan diambil sisi positifnya untuk dipetik dan dikembangkan guna meningkatkan kualitas pembangunan sektor pertanian sehingga pengembangan pertanian Pangan yang berbasis kearifan lokalpun dapat di tingkatkan.


B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana masyarakat local mengembangkan pertanian pangan yang berbasis kearifan local agar tidak timbul masalah kekurangan pangan…?
2.      Bagaimana dengan peran Teknologi  sebagai penunjang pengolahan lahan pertanian..?
3.      Bagaimana peran pemerintah untuk mendukung pengembangan Sektor pertanian local..?
C.    Tujuan Penulisan
1.      Mahasiswa dapat memahami dan menelaah materi pengembangan pertanian pangan berbasis kearifan local.
2.      Mahasiswa dapat memahami guna dari teknologi untuk menunjang pengolahan lahan pertanian.
3.      Mahasiswa dapat memahami seberapa besar peran pemerintah dalam mendukung pengembangan pertanian pangan.



UNTUK MAKALAH SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK DI BAWAH INI
Share:

No comments:

Post a Comment

Wikipedia

Search results