PERENCANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI
Dosen Pembimbing : Dra. Martina Lona Jusita, S.Pd., M.Pd
Oleh : Anggita Sayushi (2009.C)
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG
2011
RANCANGAN PERENCANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP
Mata Pelajaran :
IPS - Geografi
Kelas / Semester :
VII / 1
Standart Kompetensi :
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk
muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator : Mendeskripsikan gejala
diastropsme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
Alokasi Waktu : 2 X $0 menit (1 kali pertemuan).
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
1. Mendeskripsikan pengertian
diastropisme dengan benar.
2. Menyebutkan dua hasil
bentukan diastropisme denngan tepat.
3. Menjelaskan proses
terjadinya patahan dengan benar.
4. Menjelaskan proses
terjadinya lipatan dengan benar.
5. Mendeskripsikan dampak
positif diastropisme dengan benar.
6. Mendeskripsikan dampak
negative diastropisme dengan benar.
7. Mendeskripsikan pengertian
vulakanisme dengan benar.
8. Menyebutkan tiga bentuk
gunung api dengan benar.
9. Menjelaskan proses
terbentunnya gunung api strato dengan benar.
10. Menjelaskan proses
terbentuknya gunung api maar.
11. Menjelaskan proses
terbentuknya gunung api perisai dengan benar.
12. Menyebutkan dua tipe
erupsi gunung api dengan tepat.
13. Menjelaskan proses
terjadinya erupsi gunung api sentral dengan benar.
14. Menjelaskan proses terjadinya
erupsi gunung api linier dengan benar.
15. Menyebutkan dua gejala
vulkanisme dengan tepat.
16. Menjelaskan gejala pra
vulkanisme dengan benar.
17. Menjelaskan gejala pasca
vulkanisme dengan benar.
18. Menjelaskan dampak positif
vulkanisme dengan benar.
19. Menjelaskan dampak
negative vulkanisme dengan benar.
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian diastropisme.
2. Dua hasil bentukan
diastropisme.
3. Proses terjadinya patahan.
4. Proses terjadinya lipatan.
5. Dampak positif
diastropisme.
6. Damapak negatif
diastropime.
7. Pengertian vulkanisme.
8. Tiga bentk gunung api.
9. Proses terbentuknya gunung
api strato.
10. Proses terbentuknya gunung
api maar.
11. Proses terbentuknya gunung
api perisai.
12. Dua tipe erupsi gunung
api.
13. Proses terjadinya erupsi
gunung api sentral.
14. Proses terjadinya erupsi
gunung api linier.
15. Dua gejala vulkanisme.
16. Gejala pra vulkanisme.
17. Gejala pasca vulkanisme.
18. Dampak positif vulkanisme.
19. Dampak negatif vulkanisme.
C. METODE DAN MODEL
PPEMBELAJARAN
1. Metode Pembelajaran : ceramah, dan diskusi.
2. Model Pembelajaran : Student Teams-Achievement Divisions
(STAD).
D. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan ( 15
menit ).
NO
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
|
GURU
|
SISWA
|
||
1
|
Mengucap salam.
|
Menjawab salam.
|
1 menit
|
2
|
Meminta ketua kelas untuk memimpin
doa.
|
Melaksanakan perintah guru.
|
1 menit
|
3
|
Menyakan kehadiran siswa.
|
Menjawab pertanyaan guru.
|
1 menit
|
4
|
Mengingat materi pada pertemuan
minggu lalu.
|
Memperhatikan penjelasan guru.
|
2 menit
|
5
|
Menyakan tugas tentang pembuatan
kliping bentuk muka bbumi akibat tenaga endogen pada pertemuan minggu lalu.
|
Menjawab pertanyaan dari guru dan mengumpulkan tugasnya.
|
1 menit
|
6
|
Mengadakan prates sebanyak empat
soal, yaitu:
a. Jelaskan pengertian
diastropisme!
b. Sebutkan dua hasil
bentukan diastropisme!
c. Sebutkan dua tipe erupsi
gunung api!
d. Jelaskan dampak negatif
vulkanisme!
|
Mengerjakan soal prates.
|
3 menit
|
7
|
Menyampaikn Kompetensi Dasar dan
Indikator yang ingin di capai pada pertemuan.
|
Memperhatikan guru.
|
2 menit
|
8
|
Memotivasi siswa, dengan memberikan
empat pertnyaan, yaitu :
a. Jelaskan pengertian
diastropisme!
b. Sebutkan dua hasil
bentukan diastropisme!
c. Sebutkan dua tipe erupsi
gunung api!
d. Jelaskan dampak negatif
vulkanisme!
|
Menjawab soal yang di berikan oleh guru.
|
3 menit
|
9
|
Memberikan pengarahan tugas yang
akan di lakukan, yaitu tugas kelompok. Yang masing-masing kelompok
beranggotakan empat orang.
|
Memperhatikan dan mencatat
pengarahan yang di anggap penting.
|
1 menit
|
2. Kegiatan Inti ( 50 menit)
NO
|
KEGIATAN PEMBLAJARAN
|
WAKTU
|
|
GURU
|
SISWA
|
||
1
|
Meminta kepada siswa, untuk membentuk sembilan kelompok,
yang masing-masing kelompok beranggotakan empat orang.
|
Mencari teman dan membentuk suatu kelompok.
|
2 menit
|
2
|
Menyampaikan materi pokok, tentang :
1. Pengertian diastropisme.
2. Dua hasil bentukan
diastropisme.
3. Proses terjadinya
patahan.
4. Proses terjadinya
lipatan.
5. Dampak positif
diastropisme.
6. Damapak negatif
diastropime.
7. Pengertian vulkanisme.
8. Tiga bentk gunung api.
9. Proses terbentuknya
gunung api strato.
10. Proses terbentuknya
gunung api maar.
11. Proses terbentuknya
gunung api perisai.
12. Dua tipe erupsi gunung
api.
13. Proses terjadinya erupsi
gunung api sentral.
14. Proses terjadinya erupsi
gunung api linier.
15. Dua gejala vulkanisme.
16. Gejala pra vulkanisme.
17. Gejala pasca vulkanisme.
18. Dampak positif
vulkanisme.
19. Dampak negatif
vulkanisme.
|
30 menit
|
|
3
|
Memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk
dikerjakan bbersama anggota kelompoknya.
|
Mengerjakan tugas bersama anggota
kelompoknya.
|
7 menit
|
4
|
Meminta kepada masing-masing
kelompok, untuk menjelaskan kepada semua anggota dalam kelompoknya sampai
mengerti.
|
Menjelaskan kepada semua anggota
dalam kelompoknya sampai mengerti.
|
5 menit
|
5
|
Member kuis atau pertanyaan kepada
seluruh siswa, dengan memberikan empat soal pertanyaan yaitu :
a. Jelaskan pengertian
diastropisme!
b. Sebutkan dua hasil
bentukan diastropisme!
c. Sebutkan dua tipe erupsi
gunung api!
d. Jelaskan dampak negatif
vulkanisme!
|
Mengerjakan kuis atau pertnyaan dari guru.
|
5 menit
|
6
|
Meminta kepada seluruh siswa, dalam menjawab kuis tidak ada
yang saling membantu.
|
Mengerjakan kuis dari guru sendiri-sendiri.
|
1 menit
|
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit
)
NO
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
|
GURU
|
SISWA
|
||
1
|
Memberikan kesempatan pada siswa, tentang kesulitan yang di
jumpai saat proses pembelajaran.
|
Menyampaikan kesulitan yang di jumpai siswa saat
pembelajaran.
|
3 menit
|
2
|
Mengadakan pasca tes, dengan memberikan empat soal
pertanyaan yaitu :
a. Jelaskan pengertian diastropisme!
b. Sebutkan dua hasil
bentukan diastropisme!
c. Sebutkan dua tipe erupsi
gunung api!
d. Jelaskan dampak negatif
vulkanisme!
|
Mengerjakan soal pasca tes yang di berikan olh guru.
|
6 menit
|
3
|
Menyampaikan rangkuman materi.
|
Memperhatikan penjelasan guru dan mencatat hal-hal yang di
angap penting.
|
3 menit
|
4
|
Memberikan tugas kelompok kepada siswa. Masing-masing
kelompok beranggotakan empat orang. Tugasnya adalah membuat artikel tentang
gempa bumi dan akibat yang di timbulkannya, minimal lima lembar. Untuk di
kumpulkan pada pertemuaan yang akan dating.
|
Mencatat tugas yang di berikan oleh guru.
|
2 menit
|
5
|
Menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucap sala.
|
Menjawab salam.
|
1 menit
|
E. SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
1. Sumber pembelajaran
a. Departemen Pendidikan
Nasional. 2003. Kurikulum 2004 Mata
Pelajaran Geografi SMP. Jakarta : Pusat Kurikulum – Badan Penelitian dan
Pengembangan.
b. Nurdin, M. 2008. Mari Belajar IPS SMP Kelas VII. Jakarta
: PT. Mutiara Pemuda Bangsa.
c. Depdiknas. 2006. KTSP 2006 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial Untuk SMP dan MTS. Jakarta : PT. Mutiara Pemuda Bangsa.
2. Media pembelajaran
a. Gambar hasil bentukan
diastropisme.
b. Gambar bentuk-bentuk
gunung api.
c. Gambar macam-macam
lipatan.
d. Gambar dampak negatif
vulkanisme.
F. PENILAIAN atau EVALUASI
1. Teknik penilaian : tes tertulis.
2. Bentuk instrument : uraian (subjective test).
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP ................
Drs. .................................., M.Pd
NIP..............................................
|
Malang, 07 Mei 2011
Guru Mata Pelajaran Geografi
Anggita. Sayushi
NIP. 090401050094
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
A. LAMPIRAN MATERI
PEMBELAJARAN
1. Pengertian diastropisme.
Diastropisme
adalah proses pembentukan kembali permukaan bumi akibat kekuatan gaya
tarik-manarik yang menyebabkan pergerakan pada bagian kulit bumi yang menghasilakn bentuk muka bumi yang baru.
2. Dua hasil bentuakn
diastropisme.
a. Patahan.
b. Lipatan.
3. Proses terjadinya patahan.
Patahan terjadi
apabila ada tekanan cukup kuat dari dalam bumi sehingga tidak dapat di
netralisasi oleh sifat plastis batuan.
4. Proses terjadinya lipatan.
Lipatan
terjadi apabila lapisan itu mengalami tekanan lemah. Tekanan ini masih dapat di
netralisasi oleh sifat plastis batuan terutama apbila tekanan tersebut
berlangsung dalam waktu yang relative lama. Akibat tekanan tersebut, lapisan
yang semula mendatar (horizontal) akan terlipat—lipat. Bagian puncak lipatan di
sebut antiklinal dan bagian lembah lipatan di sebut sunklinal.
5. Dampak positif
diastropisme.
Salah satu
dampak positif diastropisme yaitu dapat menghasilkan bentuk muka bumi yang
indah dan menjadi objek wisata.
6. Dampak negatif vulkanisme.
Salah satu
dampak negatif dari diastropisme yaitu dapat mengakibatkan gempa bumi baik itu
di daratan maupun di dasar laut. Gempa yang terjadi di dasar laut dapat
menyebabkan terjadinya gelombang tsunami.
7. Pengertian vulkanisme
Vulkanisme adalah peristiwa keluarnya
magma dari dalam bumi ke permukaan bumi.
8. Tiga bentk gunung api.
a. Gunung api strato.
b. Gunung api maar.
c. Gunung api perisai.
9. Proses terbentuknya gunung
api strato.
Gunung api
strato terjadai sebagai akibat tumpukan berlapis-lapis bahan yang di keluarkan
oleh gunung dari masa ke masa. Gunung ini bentuknya ada yang meruncing sampai
ke puncak danada pula seperti seperti kerucut terpotong ujungnya. Oleh karena
letusan yang hebat, sering kali puncak gunung hancur dan terjadilah kawah yang
luas dengan tebng yang curam.
10. Proses terbentuknya gunung
api maar.
Gunung
ini terjadi karena adanya letusan sekali saja dan membentuk kepundan. Letusan
yang hanya sekali itu terjadi karena dapur magmanya kecil dan dangkal. Gunung
api maar adalah gunung berapi yang lubang kepundannya berbentuk corong dan di
kelilingi oleh dinding-dinding kawah yang tidak tinggi.
11. Proses terbentuknya gunung
api tameng (perisai).
Gunung
api tameng atau perisai lerengnya sangat landai dan bentuknya menyerupai
perisai atau tameng. Gunung api ini terbentuk oleh aliran magma cair yang encer
dan meleleh ke segala arah dalam jumlah besar. Oleh karena itu, alas gunung ini
luas dan tidak tinggi.
12. Dua tipe erupsi gunung
api.
a. Erupsi linier.
b. Erupsi sentral.
13. Proses terjadinya erupsi
linier.
Terjadi
akibat keluarnya magma ke permukaan bumi yang terpusat pada sebuah titik.
14. Proses terjadinya erupsi
sentral.
Terjadi
akibat keluarnya magma ke permukaan bumi mengikuti patahan atau retakan yang
memanjang.
15. Dua gejala vulkanisme.
a. Gejala pra vulkanisme.
b. Gejala pasca vulkanisme.
16. Gejala pra vulkanisme.
Gunung
api yang akan mletus biasanya mengeluarkan tanda-tanda alami (pra vulkanisme),
seperti :
a. Suhu di sekitar kawah
naik.
b. Banyak sumber air di
sekitar gunung yang kering.
c. Sering terjadi getaran
atau gempa di sekitar gunung.
d. Sering terdengar lk dari
dalam gunung.
e. Banyak binatang-binatang
yang menuruni lereng.
17. Gejala pasca vulkanisme.
Gejala pasca vulkanisme dapat memberikan bentuk fenomena
alam, yaitu :
a. Mata air panas (air
thermal) dan air mineral.
b. Sumber gas (ekskalasi).
c. Mata air geyser.
18. Dampak positif vulkanisme.
Dampak
positif vulkanisme yaitu lava yang mengalir di permukaan bumi dapat menyburkan
ahan sehingga cocok sekali untuk lahan pertanian dan magma yang di keluarkan
gunung berapi yang membeku akan berubah menjadi batuan. Dari batuan ini bisa
ditemukan batu-batu yang yang bernilai jual tinggi, seperti emas, perak, intan,
dll.
19. Dampao negatif vulkanisme.
Dampak
negatif vulkanisme yaitu gunung yang meletus akan mengeluarkan lava dan
menyemburkan awan panas serta debu. Ketiga bahan ini akan merusak apa saja yang
dilaluinya, seperti rusaknya hutan, perkebunan, lahan pertanian, jalan raya dan
permukiman penduduk.
B. LAMPIRAN MEDIA
PEMBELAJARAN.
1. Gambar hasil benyukan
diastropisme.
a. Patahan b.
lipatan
2. Gambar bentuk tipe gunung
api.
3. Gambar macam-macam
lipatan.
4. Gambar muka bumi akibat
dampak negatif vulkanisme.
C. LAMPIRAN PRATES dan PASCA
TES.
SOAL
Alokasi waktu : 5 menit
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Jelaskan pengertian
diastropisme!
2. Sebutkan dua hasil
bentukan diastropisme!
3. Sebutkan dua tipe erupsi
gunung api!
4. Jelaskan dampak negatif
vulkanisme!
KUNCI JAWABAN SOAL
1. Diastropisme adalah proses
pembentukan kembali permukaan bumi akibat kekuatan gaya tarik-manarik yang
menyebabkan pergerakan pada bagian kulit bumi
yang menghasilakn bentuk muka bumi yang baru.
2. Dua hasil bentuakn
diastropisme.
c. Patahan.
d. Lipatan.
3. Dua tipe erupsi gunung
api.
a. Erupsi linier.
b. Erupsi sentral.
4. Dampak negatif vulkanisme
yaitu gunung yang meletus akan mengeluarkan lava dan menyemburkan awan panas serta
debu. Ketiga bahan ini akan merusak apa saja yang dilaluinya, seperti rusaknya
hutan, perkebunan, lahan pertanian, jalan raya dan permukiman penduduk.
SKOR PENILAIAN
A. SKOR PENILAIAN SOAL
1. Jawaban benar soal urairan
X 25 = ∑n
B. SKOR PENILAIAN DISKUSI
1. Rubrik Penilaian Siswa
dengan model Student Teams Achievemen – Divisions (STAD)
NO
|
Nama Siswa
|
Aktivitas diskusi
|
Kerjasama
|
partisipasi
|
ketepatan
|
||||||||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
|||||||||||||
6
|
|||||||||||||
7
|
|||||||||||||
8
|
|||||||||||||
9
|
|||||||||||||
10
|
|||||||||||||
11
|
|||||||||||||
12
|
|||||||||||||
13
|
|||||||||||||
14
|
|||||||||||||
15
|
|||||||||||||
16
|
|||||||||||||
17
|
|||||||||||||
18
|
|||||||||||||
19
|
|||||||||||||
20
|
|||||||||||||
21
|
|||||||||||||
22
|
|||||||||||||
23
|
|||||||||||||
24
|
|||||||||||||
25
|
|||||||||||||
26
|
|||||||||||||
27
|
|||||||||||||
28
|
|||||||||||||
29
|
|||||||||||||
30
|
|||||||||||||
31
|
|||||||||||||
32
|
|||||||||||||
33
|
|||||||||||||
34
|
|||||||||||||
35
|
|||||||||||||
36
|
§ Penilaian dengan memberikan centang (√) pada kolom penilaian.
Skor
|
Predikat
|
1
|
Kurang Baik
|
2
|
Baik
|
3
|
Sangat Baik
|
Skor maksimal : 12
X 100 = ....
|
Skor
Maksimal