SILABUS
Nama Sekolah
: SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata
Pelajaran
:
Geografi
Kelas /
Jurusan
: X
Semester
: 1 ( satu )
Alokasi
Waktu
: 8 x 45menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami konsep,
pendekatan, prinsip dan aspek geografi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
(menit)
|
Sumber /
Bahan /
Alat
|
1.11.1
Menjelaskan konsep geografi
|
· Konsep geografi
|
· Mengungkapkan kembali konsep dasar geografi dari
berbagai bahan-bahan referensi secara mandiri.
· Secara kelompok. Menyimpulkan
konsep-konsep geografi
· Presentesi hasil diskusi
|
·
Menguraikan
konsep geografi dari berbagai referensi.
·
Menyimpulkan
konsep geografi dalam kajian geosfer
|
Jenis tagihan :
Tugas
individu
Tugas
kelompok
Test tertulis
Bentuk
tagihan :
Laporan
Uraian
berstruktur
|
2 x 45
|
Sumber :
Buku Geografi
kelas X yang relevan
|
1.2Menjelaskan pendekatan geografi
|
· Metode / pendekatan geografi
1).Metode/pendekatan ke
ruangan
(spatial approach).
2). Pendekatan kewilayahan
- Pendekatan topic
- Pendekatan aktifitas manusia
- Pendekatan regional
3). Pendekatan ekologi
(ecological approach)
|
· Menggali informasi tentang
metode/pendekatan geografi dari bahan-bahan referensi
· Secara kelompok membuat laporan
tentang masalah geosfer (misalnya : sampah di kota Pekanbaru) dari ketiga
pendekatan geografi.
· Presentasi hasil diskusi
|
·
Menjelaskan
perbedaan metode/pendekatan geografi.
·
Menerapkan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
|
Jenis tagihan :
Tugas
individu
Tugas
kelompok
Test tertulis
Bentuk
tagihan :
Laporan
Uraian
berstruktur
|
2 x 45
|
Sumber :
Buku Geografi
kelas X yang relevan
Sumber / alat :
Gambar/chart
|
1.3.
Menjelaskan prinsip geografi
|
· Prinsip-prinsip Geografi
-
Prinsip penyebaran
-
Prinsip interelasi
-
Prinsip deskripsi
-
Prinsip korologi (keruangan)
|
·
Secara individu mengungkapkan
kembali prinsip-prinsip geografi dari berbagai referensi
·
Secara kelompok, mengamati gambar fenomena geosfer
·
Secara kelompok, menganalisis tentang tanah longsor di daerah sekitarnya
dikaji dari keempat prinsip geografi
·
Presentasi hasil diskusi
|
·
Mengidentifikasi prinsip-prinsip
geografi
·
Menjelaskan perbedaan
prinsip-prinsip geografi
·
Menerapkan prinsip-geografi dalam kajian geosfer
|
Jenis tagihan :
Tugas
kelompok
Tugas
tertulis
Bentuk
tagihan :
Laporan
Uraian
berstruktur
|
2 x 45
|
Sumber :
1…Nursid Sumaatmadjo (1998) Studi Geografi Bandung, Alumni
2. K. Wardiyatmoko (2004), geografi untuk SMA kelas X, Jakarta
Erlangga
Sumber /
alat
Gambar/chart
geoster
|
1.4.
Mendeskripsikan aspek geologi
|
· Aspek geografi
-
Aspek fisik (alamiah):
Gejala-grjala alam yang timbul
- Aspek social (kehidupan) dengan segala interaksi, penyebaran
maupun relasinya.
|
·
Mengungkapkan
kembali aspek geografi dari kajian berbagai referensi
·
Secara kelompok mengkorelasikan
gambar tentang aspek fisik dan sosial geografi
·
Secara individu membuat laporan
pengamatan tentang aspek fisik dan social dilingkungan daerah sekitar
|
·
Mendeskripsikan aspek-aspek
geografi
·
Menjelaskan
perbedaan aspek fisik dan aspek sosial geografi
·
Memberikan
contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari.
|
Jenis tagihan :
Tugas
individu
Tugas
kelompok
Test tertulis
Bentuk
tagihan :
Uraian
berstruktur
|
2 x 45
|
Sumber :
Buku Geografi
kelas X yang relevan
Sumber /
alat
Gambar/chart
geoster
|
SILABUS
Nama Sekolah
: SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran
:
Geografi
Kelas / Jurusan
: X
Semester
: 1 ( satu )
Alokasi Waktu
: 22 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah
pembentukan bumi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
(menit)
|
Sumber /
Bahan /
Alat
|
2.1. Mendeskripsikan tata surya dan jagad
raya
|
· Tata Surya dan Jagad Raya
1) Hipotesis tentang terjadinya tata
surya
2) Teori tentang
terjadinya jagad raya.
3) Anggapan-anggapan
tentang jagad raya dan alam semesta
4) Galaksi dalam jagad raya
5) Anggota tata surya
|
·
Secara individumengamati benda-benda langit pada malam hari di cakrawala
·
Secara kelompok diskusi tentang teori-teori terjadinya tata surya dan
jagad raya
·
Secara kelompok, diskusi tentang anggapan-anggapan jagad raya dan alam
semesta
·
Secara individu mendiskripsikan keberadaan galaksi dalam jagad raya
·
Secara
individu mengidentifikasi anggota-anggota tata surya dari berbagai referensi.
|
·
Membuat laporan pengamatan benda-benda langit
·
Menganalisis
teori terjadinya tata surya dan jagad raya
·
Menjelaskan perbedaan anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam
semesta
·
Mengidentifikasi
galaksi dalam jagad raya
·
Mendiskripsikan
anggota-anggota tata surya
|
Jenis
tagihan :
Tugas
individu
Test
tertulis
Bentuk
tagihan :
Laporan
Uraian
berstruktur
|
16 x 45
|
Sumber :
Buku Geografi
kelas X yang relevan
Bahan /
Alat :
CD
Pembelajaran
|
2.2.
Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
|
·
Proses
terjadinya bumi
·
Karakteristik
perlapisan bumi
·
Teori
lempeng tektonik
|
·
Mengungkapkan
kembali tentang proses terjadinya bumi dari beberapa referensi yang dikaji
·
Secara individu, mengkaji referensi tentang karakteristik perlapisan bumi
·
Secara kelompok, diskusi tentang lempeng tektonik dan kaitannya dengan
persebaran gunung api serta gempa bumi
|
·
Mendeskripsikan
tentang proses terjadinya bumi
·
Mengidentifikasi
karakteristik perlapisan bumi
·
Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran
gunung berapi dan gempa bumi
|
Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok
Test tertulis
Bentuk tagihan :
Pilihan ganda
Uraian
berstruktur
|
6 x 45
|
Sumber :
Buku Geografi kelas X yang relevan
Bahan /
Alat :
Peta Geologi, gambar struktur lapisan bumi
|
SILABUS
Nama Sekolah
: SMA Negeri 8 Pekanbaru
Mata Pelajaran
:
Geografi
Kelas / Jurusan
: X
Semester
: 2 ( dua )
Alokasi Waktu
: 40 x 45 menit
Standar
Kompetensi : 3. Menganalisis unsur-unsur Geosfer
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
(menit)
|
Sumber /
Bahan /
Alat
|
3.1. Menganalisis dinamika dan
kecenderungan perubahan litosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka
bumi
|
· Lithosfer
1.
Struktur lapisan kulit bumi
2. Tenaga
endogen
1.1.
Tektopnisme
2.1.
Vulkamisme
3.1.
Seisme
3. Tenaga
Eksogen
3.1.
Pelapukan
3.2.
Pengikisan
3.3.
Pengendapan
·
Pedosfer
1).
Proses pembentukan tanah
2). Jenis dan cirritanah di Indonesia
3). Erosi tanah
4). Penyebab
5). Mengurangi dan mencegah kerusakan
tanah
|
·
Mengamati gambar/model jenis batuan pembentuk lapisan bumi
·
Secara individu mengamati patahan/slenk Semangko dari berbagai media
pembelajaran
·
Secara individu mengamati gambar struktur instrusi magma
·
Secara kelompok, diskusi tentang erupsi, tipe letusan, bahan yang
dikeluarkan Gunung Merapi di kawasan Yogyakarta dari berbagai media massa
(internet)
·
Secara kelompok, mengamati gambar/film rupa bumi sebagai akibat proses
pelapukan, pengikisan dan pengendapan
·
Membaca
refensi tentang proses pembentukan tanah di Indonesia
·
Secara kelompok mengidentifikasi jenis tanah pada peta (persebaran jenis
tanah) Indonesia
·
Secara kelompok mengklasifikasikan jenis tanah menurut kesuburannya dari
berbagai referensi
·
Secara kelompok mengamati proses terjadinya erosi di DAS (contoh di Jawa
tengah : Bengawan Solo)
·
Secara kelompok, diskusi tentang penyebab terjadinya erosi di DAS (contoh
di Riau : Sungai Siak)
·
Secara kelompok, diskusi tentang penanggulangan terjadinya erosi di DAS
(contoh di Riau : Sungai Siak))
|
·
Mengidentifikasi jenis-jenis batuan pembentuk lapisan kulit bumi
·
Membuat
laporan tentang slenk Semangko
·
Menunjukkan
bentuk-bentuk instrusi magma
·
Mendeskripsikan tentang erupsi, tipe letusan dan bahan yang dikeluarkan
gunung Merapi
·
Memaparkan tentang proses terjadinya gempa bumi (tsunami)
·
Mendeskripsikan pengaruh tenaga eksogen terhadap bentuk rupa bumi
·
Membedakan
jenis-jenis pelapukan
·
Mengidentifikasi
jenis-jenis pelapukan
·
Mengidentifikasi
jenis-jenis pengikisan berdasarkan pelaku utama yang berbeda
· Mengklasifikasi jenis-jenis
pengendapan berdasarkan tenaga pengangkutan
·
Menjelaskan
proses pembentukan tanah di Indonesia
·
Mengidentifikasi factor-faktorterjadinyaerosi cara-cara
penanggulangannyaerosi
· Menunjukkan jenis dan persebaran tanah pada peta
Indonesia
· Mengklasifikasikan jenis tanah berdasarkan
kesuburannya
· Menganalisis proses terjadinya erosi di lingkunagn
sekitar
· Menganalisis penyebab terjadinya erosi tanah dan
kerusakan tanah yang lain serta dampaknya terhadap lingkungan
·
Mengidentifikasi usaha untuk mengurangi terjadinya erosi
|
Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok
Unjuk kerja Ulangan
Bentuk tagihan :
Laporan
Uraian berstruktur
Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok
Unjuk kerja Ulangan
Bentuk tagihan :
Laporan
Uraian berstruktur
Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok
Unjuk kerja Ulangan
Bentuk tagihan :
Laporan
Uraian berstruktur
Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok
Unjuk kerja Ulangan
Bentuk
tagihan :
Laporan
Uraian
berstruktur
|
10 x 45
10x45
|
Sumber :
Buku Geografi
kelas X yang relevan
|
3.2. Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap
kehidupan di muka bumi
|
·
Atmosfer
1). Ciri-ciri
lapisan atmosfer
2). Unsur - unsur cuaca
5).
Pemanasan Global (El Nino dan La Nina)
|
·
Mengidentifikasi atmosfer dan pemanfaatannya melalui gambar struktur
lapisan atmosfer
·
Mengamati dinamika unsur-unsur cuaca dari iklim (penyinaran, suhu,
angina, awan, kelembaban, serta curah hujan) di sekitar sekolah.
·
Mengamati
perbedaan negara-negara beriklim tropis, sub tropis dan dingin
·
Secara
Individu menghitung nilai rasio Q dari data curah hujan yang tersaji dalam
LKS
·
Secara
individu menentukan tipe iklim Koppen dari data curah hujan ynag tersaji di
dalam LKS
·
Mengidentifikasi factor-faktorterjadinyapemanasan global (El Nino dan La
Nina)
|
·
Mengungkapkembalicirri-cirilapisanatmosfer dan pemanfaatannya.
·
Menganalisadinamikaunsur-unsur cuaca dan iklim (penyinaran, suhu, angin,
awan, kelembaban, curah, peta dunia, persebaran negara-negara dan
jenisiklimnya.
·
Menentukan jenis iklim berdasarkan tipe iklim Schimdt-Ferguson
·
Secara kelompokmengidentifikasi factor-faktorterjadinyapemanasan global
(El-Nino dan La Nina
·
Secara individumembuatklipingtentangperubahaniklim global
lengkapdenganrangkuman, tanggapansertasumberkliping.
|
Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok
Test tertulis
Bentuk tagihan :
Laporan
Uraian berstruktur
|
10 x 45
|
Sumber :
Buku Geografi
kelas X yang relevan
|
3.3. Menganalisis hidrosfer dan
dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
|
·
Hidrosfer
1). Siklus Hodrologi
2). Perairan Darat
- Air Tanah
- Sungai dan daerah Aliran Sungai (DAS)
-
Danau
-
Rawa
3). Perairan Laut
- Zona Pesisir dan Laut
- Klasifikasi Laut
- Morfologi Laut
- Gerakan air laut
- Kualitas air
|
·
Secara
individu mengidentifikasi unsure utama siklus hidrologi dari berbagai
referensi
·
Menggambar
bagan siklus hidrologi hidrologi
·
Membacareferensitentangberbagaijenisperairandarat
·
Secara
kelompok, diskusi menentukan jenis air tanah berdasarkan letaknya dari
struktur lapisan tanah
·
Mengamati cirri-ciri sungai menurut profil memanjang di DAS lingkungan
sekitar
·
Mengamati gambar pola aliran sungai Musi
·
Secara
individu merumuskan pengertian DAS
·
Secara
individu merumuskan penyebab rusaknya DAS
·
Diskusi
tentang upaya pelestarian DAS
·
Mendiskusikan
proses terjadinya danau Sentani
·
Mengungkap
kembali tentang pantai, pasir, pesisir, gisikbeach dari berbagai referensi
·
Secara
kelompok, diskusi tentang proses terjadinya dangkalan Sunda dan Sahul
·
Melalui
peragaan peta menunjukkan laut berdasarkan letak, kedalaman dan wilayah
kekuasaan suatu negara
·
Melalui bagan morfologi laut, menganalisa ,morfologi laut
·
Secara kelompok, mendiskusikan factor-faktor penyebab terjadinya
gelombang
·
Secara
individu membuat peta arus laut dunia
·
Secara
individu menggambarkan kedudukan bulan, bumi dan matahari yang dapat
menyebabkan pasang naik dan pasang surut
·
Secara
kelompok, mengidentifikasi factor penyebab perbedaan kadar garam (salinitas)
air laut
·
Secara
kelompok diskusi tentang factor yang menyebabkan perbedaan air laut, danau
Sentani di Papua
|
·
Mengidentifikasi
unsur-unsur utama siklus hidrologi
·
Mengidentifikasi
berbagai jenis perairan darat
· Menentukan jenis air tanah
berdasarkan letaknya dan mengidentifikasi cirri-ciri sungai menurur profil
memanjang
· Mendeskripsikan DAS
· Menganalisis factor penyebab kerusakan
DAS
· Merumuskan upaya-upaya pelestarian
DAS
· Mendeskripsikan proses terjadinya
danau Sentani di Papua
· Mendiskripsikan manfaat rawa bagi
kehidupan
·
Menjelaskan
perbedaan pantai dengan pesisir
·
Menjelaskan proses terjadinya dangkalan Sunda dan Sahul
·
Mengklasifikasikan jenis-jenis laut berdasarkan letak, kedalaman, dan
wilayah kekuasaan
·
Menunjukkan
bentuk-bentuk morfologi laut
·
Menunjukkan factor-faktor peyebab terjadinya gelombang
·
Menunjukkan pada peta dunia letak arus-arus laut dunia
·
Menjelaskan
perbedaan pasang naik dan pasang surut
·
Mengidentifikasi factor-faktor penyebab perbedaan kadar garam (salinitas)
air laut
·
Mengidentifikasi
factor-faktor yang menyebabkan perbedaan warna air laut
|
Jenis
tagihan :
Tugas
individu
Tugas
kelompok
Test
tertulis
Bentuk
tagihan :
Laporan
Uraian
berstruktur
Jenis
tagihan :
Tugas
individu
Tugas
kelompok
Test
tertulis
Bentuk
tagihan :
Laporan
Uraian berstruktur
|
10 x 45
|
Sumber :
Buku Geografi
kelas X yang relevan
Bahan / Alat :
Chart (gambar-gambar)
Kliping-kliping film
CD
pembelajaran interaktif
|