-->

Sunday, December 9, 2012

MAKALAH RENCANA PEMBELAJARAN GEOGRAFI


PERENCANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI

Dosen Pembimbing : Dra. Martina Lona Jusita, S.Pd., M.Pd












Oleh      : Anggita Sayushi (2009.C)



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG
2011

RANCANGAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      : SMP
Mata Pelajaran           : IPS - Geografi
Kelas / Semester         : VII / 1
Standart Kompetensi  : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar       : 1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
Indikator                      : Mendeskripsikan gejala diastropsme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
Alokasi Waktu             : 2 X $0 menit (1 kali pertemuan).
A.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.      Mendeskripsikan pengertian diastropisme dengan benar.
2.      Menyebutkan dua hasil bentukan diastropisme denngan tepat.
3.      Menjelaskan proses terjadinya patahan dengan benar.
4.      Menjelaskan proses terjadinya lipatan dengan benar.
5.      Mendeskripsikan dampak positif diastropisme dengan benar.
6.      Mendeskripsikan dampak negative diastropisme dengan benar.
7.      Mendeskripsikan pengertian vulakanisme dengan benar.
8.      Menyebutkan tiga bentuk gunung api dengan benar.
9.      Menjelaskan proses terbentunnya gunung api strato dengan benar.
10.  Menjelaskan proses terbentuknya gunung api maar.
11.  Menjelaskan proses terbentuknya gunung api perisai dengan benar.
12.  Menyebutkan dua tipe erupsi gunung api dengan tepat.
13.  Menjelaskan proses terjadinya erupsi gunung api sentral dengan benar.
14.  Menjelaskan proses terjadinya erupsi gunung api linier dengan benar.
15.  Menyebutkan dua gejala vulkanisme dengan tepat.
16.  Menjelaskan gejala pra vulkanisme dengan benar.
17.  Menjelaskan gejala pasca vulkanisme dengan benar.
18.  Menjelaskan dampak positif vulkanisme dengan benar.
19.  Menjelaskan dampak negative vulkanisme dengan benar.
B.      MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pengertian diastropisme.
2.      Dua hasil bentukan diastropisme.
3.      Proses terjadinya patahan.
4.      Proses terjadinya lipatan.
5.      Dampak positif diastropisme.
6.      Damapak negatif diastropime.
7.      Pengertian vulkanisme.
8.      Tiga bentk gunung api.
9.      Proses terbentuknya gunung api strato.
10.  Proses terbentuknya gunung api maar.
11.  Proses terbentuknya gunung api perisai.
12.  Dua tipe erupsi gunung api.
13.  Proses terjadinya erupsi gunung api sentral.
14.  Proses terjadinya erupsi gunung api linier.
15.  Dua gejala vulkanisme.
16.  Gejala pra vulkanisme.
17.  Gejala pasca vulkanisme.
18.  Dampak positif vulkanisme.
19.  Dampak negatif vulkanisme.
C.      METODE DAN MODEL PPEMBELAJARAN
1.      Metode Pembelajaran      : ceramah, dan diskusi.
2.      Model Pembelajaran        : Student Teams-Achievement Divisions (STAD).

D.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan ( 15 menit ).
NO
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
GURU
SISWA
1
Mengucap salam.
Menjawab salam.
1 menit
2
Meminta ketua kelas untuk memimpin doa.
Melaksanakan perintah guru.
1 menit
3
Menyakan kehadiran siswa.
Menjawab pertanyaan guru.
1 menit
4
Mengingat materi pada pertemuan minggu lalu.
Memperhatikan penjelasan guru.
2 menit
5
Menyakan tugas tentang pembuatan kliping bentuk muka bbumi akibat tenaga endogen pada pertemuan minggu lalu.
Menjawab pertanyaan dari guru dan mengumpulkan tugasnya.
1 menit
6
Mengadakan prates sebanyak empat soal, yaitu:
a.      Jelaskan pengertian diastropisme!
b.      Sebutkan dua hasil bentukan diastropisme!
c.       Sebutkan dua tipe erupsi gunung api!
d.      Jelaskan dampak negatif vulkanisme!
Mengerjakan soal prates.
3 menit
7
Menyampaikn Kompetensi Dasar dan Indikator yang ingin di capai pada pertemuan.
Memperhatikan guru.
2 menit
8
Memotivasi siswa, dengan memberikan empat pertnyaan, yaitu :
a.      Jelaskan pengertian diastropisme!
b.      Sebutkan dua hasil bentukan diastropisme!
c.       Sebutkan dua tipe erupsi gunung api!
d.      Jelaskan dampak negatif vulkanisme!
Menjawab soal yang di berikan oleh guru.
3 menit
9
Memberikan pengarahan tugas yang akan di lakukan, yaitu tugas kelompok. Yang masing-masing kelompok beranggotakan empat orang.
Memperhatikan dan mencatat pengarahan yang di anggap penting.
1 menit

2.      Kegiatan Inti ( 50 menit)
NO
KEGIATAN PEMBLAJARAN
WAKTU
GURU
SISWA
1
Meminta kepada siswa, untuk membentuk sembilan kelompok, yang masing-masing kelompok beranggotakan empat orang.
Mencari teman dan membentuk suatu kelompok.
2 menit
2
Menyampaikan materi pokok, tentang :
1.      Pengertian diastropisme.
2.      Dua hasil bentukan diastropisme.
3.      Proses terjadinya patahan.
4.      Proses terjadinya lipatan.
5.      Dampak positif diastropisme.
6.      Damapak negatif diastropime.
7.      Pengertian vulkanisme.
8.      Tiga bentk gunung api.
9.      Proses terbentuknya gunung api strato.
10.  Proses terbentuknya gunung api maar.
11.  Proses terbentuknya gunung api perisai.
12.  Dua tipe erupsi gunung api.
13.  Proses terjadinya erupsi gunung api sentral.
14.  Proses terjadinya erupsi gunung api linier.
15.  Dua gejala vulkanisme.
16.  Gejala pra vulkanisme.
17.  Gejala pasca vulkanisme.
18.  Dampak positif vulkanisme.
19.  Dampak negatif vulkanisme.

30 menit
3
Memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk dikerjakan bbersama anggota kelompoknya.
Mengerjakan tugas bersama anggota kelompoknya.
7 menit
4
Meminta kepada masing-masing kelompok, untuk menjelaskan kepada semua anggota dalam kelompoknya sampai mengerti.
Menjelaskan kepada semua anggota dalam kelompoknya sampai mengerti.
5 menit
5
Member kuis atau pertanyaan kepada seluruh siswa, dengan memberikan empat soal pertanyaan yaitu :
a.      Jelaskan pengertian diastropisme!
b.      Sebutkan dua hasil bentukan diastropisme!
c.       Sebutkan dua tipe erupsi gunung api!
d.      Jelaskan dampak negatif vulkanisme!
Mengerjakan kuis atau pertnyaan dari guru.
5 menit
6
Meminta kepada seluruh siswa, dalam menjawab kuis tidak ada yang saling membantu.
Mengerjakan kuis dari guru sendiri-sendiri.
1 menit

3.      Kegiatan Penutup ( 15 menit )
NO
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
GURU
SISWA
1
Memberikan kesempatan pada siswa, tentang kesulitan yang di jumpai saat proses pembelajaran.
Menyampaikan kesulitan yang di jumpai siswa saat pembelajaran.
3 menit
2
Mengadakan pasca tes, dengan memberikan empat soal pertanyaan yaitu :
a.       Jelaskan pengertian diastropisme!
b.      Sebutkan dua hasil bentukan diastropisme!
c.       Sebutkan dua tipe erupsi gunung api!
d.      Jelaskan dampak negatif vulkanisme!
Mengerjakan soal pasca tes yang di berikan olh guru.
6 menit
3
Menyampaikan rangkuman materi.
Memperhatikan penjelasan guru dan mencatat hal-hal yang di angap penting.
3 menit
4
Memberikan tugas kelompok kepada siswa. Masing-masing kelompok beranggotakan empat orang. Tugasnya adalah membuat artikel tentang gempa bumi dan akibat yang di timbulkannya, minimal lima lembar. Untuk di kumpulkan pada pertemuaan yang akan dating.
Mencatat tugas yang di berikan oleh guru.
2 menit
5
Menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucap sala.
Menjawab salam.
1 menit



E.      SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Sumber pembelajaran
a.      Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004 Mata Pelajaran Geografi SMP. Jakarta : Pusat Kurikulum – Badan Penelitian dan Pengembangan.
b.      Nurdin, M. 2008. Mari Belajar IPS SMP Kelas VII. Jakarta : PT. Mutiara Pemuda Bangsa.
c.       Depdiknas. 2006. KTSP 2006 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SMP dan MTS. Jakarta : PT. Mutiara Pemuda Bangsa.
2.      Media pembelajaran
a.      Gambar hasil bentukan diastropisme.
b.      Gambar bentuk-bentuk gunung api.
c.       Gambar macam-macam lipatan.
d.      Gambar dampak negatif vulkanisme.
F.       PENILAIAN atau EVALUASI
1.      Teknik penilaian                : tes tertulis.
2.      Bentuk instrument            : uraian (subjective test).






Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP ................




Drs. .................................., M.Pd
NIP..............................................
Malang, 07 Mei 2011
Guru Mata Pelajaran Geografi




Anggita. Sayushi
NIP. 090401050094

LAMPIRAN-LAMPIRAN
A.      LAMPIRAN MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pengertian diastropisme.
Diastropisme adalah proses pembentukan kembali permukaan bumi akibat kekuatan gaya tarik-manarik yang menyebabkan pergerakan pada bagian kulit bumi  yang menghasilakn bentuk muka bumi yang baru.
2.      Dua hasil bentuakn diastropisme.
a.      Patahan.
b.      Lipatan.
3.      Proses terjadinya patahan.
Patahan terjadi apabila ada tekanan cukup kuat dari dalam bumi sehingga tidak dapat di netralisasi oleh sifat plastis batuan.
4.      Proses terjadinya lipatan.
Lipatan terjadi apabila lapisan itu mengalami tekanan lemah. Tekanan ini masih dapat di netralisasi oleh sifat plastis batuan terutama apbila tekanan tersebut berlangsung dalam waktu yang relative lama. Akibat tekanan tersebut, lapisan yang semula mendatar (horizontal) akan terlipat—lipat. Bagian puncak lipatan di sebut antiklinal dan bagian lembah lipatan di sebut sunklinal.
5.      Dampak positif diastropisme.
Salah satu dampak positif diastropisme yaitu dapat menghasilkan bentuk muka bumi yang indah dan menjadi objek wisata.
6.      Dampak negatif vulkanisme.
Salah satu dampak negatif dari diastropisme yaitu dapat mengakibatkan gempa bumi baik itu di daratan maupun di dasar laut. Gempa yang terjadi di dasar laut dapat menyebabkan terjadinya gelombang tsunami.
7.      Pengertian vulkanisme
Vulkanisme adalah peristiwa keluarnya magma dari dalam  bumi ke permukaan bumi.

8.      Tiga bentk gunung api.
a.      Gunung api strato.
b.      Gunung api maar.
c.       Gunung api perisai.
9.      Proses terbentuknya gunung api strato.
Gunung api strato terjadai sebagai akibat tumpukan berlapis-lapis bahan yang di keluarkan oleh gunung dari masa ke masa. Gunung ini bentuknya ada yang meruncing sampai ke puncak danada pula seperti seperti kerucut terpotong ujungnya. Oleh karena letusan yang hebat, sering kali puncak gunung hancur dan terjadilah kawah yang luas dengan tebng yang curam.
10.  Proses terbentuknya gunung api maar.
Gunung ini terjadi karena adanya letusan sekali saja dan membentuk kepundan. Letusan yang hanya sekali itu terjadi karena dapur magmanya kecil dan dangkal. Gunung api maar adalah gunung berapi yang lubang kepundannya berbentuk corong dan di kelilingi oleh dinding-dinding kawah yang tidak tinggi.
11.  Proses terbentuknya gunung api tameng (perisai).
Gunung api tameng atau perisai lerengnya sangat landai dan bentuknya menyerupai perisai atau tameng. Gunung api ini terbentuk oleh aliran magma cair yang encer dan meleleh ke segala arah dalam jumlah besar. Oleh karena itu, alas gunung ini luas dan tidak tinggi.
12.  Dua tipe erupsi gunung api.
a.      Erupsi linier.
b.      Erupsi sentral.
13.  Proses terjadinya erupsi linier.
Terjadi akibat keluarnya magma ke permukaan bumi yang terpusat pada sebuah titik.
14.  Proses terjadinya erupsi sentral.
Terjadi akibat keluarnya magma ke permukaan bumi mengikuti patahan atau retakan yang memanjang.
15.  Dua gejala vulkanisme.
a.      Gejala pra vulkanisme.
b.      Gejala pasca vulkanisme.
16.  Gejala pra vulkanisme.
Gunung api yang akan mletus biasanya mengeluarkan tanda-tanda alami (pra vulkanisme), seperti :
a.      Suhu di sekitar kawah naik.
b.      Banyak sumber air di sekitar gunung yang kering.
c.       Sering terjadi getaran atau gempa di sekitar gunung.
d.      Sering terdengar lk dari dalam gunung.
e.      Banyak binatang-binatang yang menuruni lereng.
17.  Gejala pasca vulkanisme.
Gejala pasca vulkanisme dapat memberikan bentuk fenomena alam, yaitu :
a.      Mata air panas (air thermal) dan air mineral.
b.      Sumber gas (ekskalasi).
c.       Mata air geyser.
18.  Dampak positif vulkanisme.
Dampak positif vulkanisme yaitu lava yang mengalir di permukaan bumi dapat menyburkan ahan sehingga cocok sekali untuk lahan pertanian dan magma yang di keluarkan gunung berapi yang membeku akan berubah menjadi batuan. Dari batuan ini bisa ditemukan batu-batu yang yang bernilai jual tinggi, seperti emas, perak, intan, dll.
19.  Dampao negatif vulkanisme.
Dampak negatif vulkanisme yaitu gunung yang meletus akan mengeluarkan lava dan menyemburkan awan panas serta debu. Ketiga bahan ini akan merusak apa saja yang dilaluinya, seperti rusaknya hutan, perkebunan, lahan pertanian, jalan raya dan permukiman penduduk.



B.      LAMPIRAN MEDIA PEMBELAJARAN.
1.      Gambar hasil benyukan diastropisme.
a.      Patahan                                                           b. lipatan
                 
2.      Gambar bentuk tipe gunung api.
3.      Gambar macam-macam lipatan.
4.      Gambar muka bumi akibat dampak negatif vulkanisme.















C.      LAMPIRAN PRATES dan PASCA TES.
SOAL
Alokasi waktu : 5 menit
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Jelaskan pengertian diastropisme!
2.      Sebutkan dua hasil bentukan diastropisme!
3.      Sebutkan dua tipe erupsi gunung api!
4.      Jelaskan dampak negatif vulkanisme!





















KUNCI JAWABAN SOAL
1.      Diastropisme adalah proses pembentukan kembali permukaan bumi akibat kekuatan gaya tarik-manarik yang menyebabkan pergerakan pada bagian kulit bumi  yang menghasilakn bentuk muka bumi yang baru.
2.      Dua hasil bentuakn diastropisme.
c.       Patahan.
d.      Lipatan.
3.      Dua tipe erupsi gunung api.
a.      Erupsi linier.
b.      Erupsi sentral.
4.      Dampak negatif vulkanisme yaitu gunung yang meletus akan mengeluarkan lava dan menyemburkan awan panas serta debu. Ketiga bahan ini akan merusak apa saja yang dilaluinya, seperti rusaknya hutan, perkebunan, lahan pertanian, jalan raya dan permukiman penduduk.















SKOR PENILAIAN
A.      SKOR PENILAIAN SOAL
1.      Jawaban benar soal urairan X  25 = n
B.      SKOR PENILAIAN DISKUSI
1.      Rubrik Penilaian Siswa dengan model Student Teams Achievemen – Divisions (STAD)
NO
Nama Siswa
Aktivitas diskusi
Kerjasama
partisipasi
ketepatan












1













2













3













4













5













6













7













8













9













10













11













12













13













14













15













16













17













18













19













20













21













22













23













24













25













26













27













28













29













30













31













32













33













34













35













36














§   Penilaian dengan memberikan centang (√) pada kolom penilaian.

Skor
Predikat
1
Kurang Baik
2
Baik
3
Sangat Baik

Skor maksimal   : 12
X 100 = ....
Nilai Akhir                 :     Skor Yang Diperoleh
                                            Skor Maksimal


Artikel Terkait


Artikel Terkait

Bagikan